Follow Us @soratemplates

Tuesday 19 March 2019

THE MOST FAQ about Anak Kembar

Assalamualaikum! Annyeong~

Calling all the Harry Potter lovers... pasti pada familiar kan ya sama tampang ganteng-konyolnya George dan Fred Weasley, kakak tertua dari Ron Weasley, sang sahabat sejatinya Harry Potter yang kemudian mereka ini disatukan menjadi saudara ipar oleh Ginny Weasley.

Tau dong ya... Iya kan.. Iya dong...
oke lanjut.

Fred and George Weasley yang diperankan oleh James dan Oliver Phelps
Sumbernya : www.usmagazine.com

Kalo sama mbak Scarlett Johansson atau yang sering kita kenal sebagai Black Widow di film-film super hero-nya Marvel Cinematic Universe... pasti tau juga kan ?

Scarlett dan Hunter Johansson
Sumbernya : www.buzznews.today
Iya.. iya.. tau.. tauuuu.
Terus apa hubungannya semua ini, Ani ?! Apa maksudmu menunjukan 2 foto itu ?! Siapa pula lelaki disamping mbak Scarlett itu ?! Suaminya kah ?!

wooow... woooww... kalem euy kalem.
Aku bisa jelaskan ini semua Rhoma!
😆😆😆😆

Oke. Jadi hubungannya adalah 2 gambar tersebut punya kesamaan dan perbedaan.
Kesamaannya adalah orang-orang digambar tersebut adalah KEMBAR. Nah kan... baru tau yak kalo ternyata mbak Scarlett ini punya saudara kembar and he's so damn cute!!! ðŸ˜†

Sementara perbedaannya adalah Phelps bersaudara adalah same sex twins yang menurut gw sih mereka ini kembar identik dan Johansson bersaudara adalah different sex twins yang menurut gw lagiii... mereka ini kembar non-identik

Dan kedua gambar tersebut berkaitan juga loh sama gw ^^
Yes. I have a twin. (maybe) Non-identical. Same sex. 
Her name is Niki and currently she's in Japan.

Wait...
Ternyata kembar itu ada macem-macem yak... ada identik ada non-identik. Kirain kembar ya kembar aja gitu heheh

So, kali ini gw mau cerita tentang THE MOST FAQ yang orang lain tanyakan ke gw ketika tau ternyata gw ini kembar. 

1. Seriusan kembar ?

Serius. Ngapain becanda soal beginian xD orang-orang kayanya perlu konfirmasi ulang gitu pas gw bilang gw kembar. Emang tampang kaya gw nih gak meyakinkan untuk punya kembaran yak ? Apakah harus ada kriteria khusus untuk jadi anak kembar ?  Kan enggak juga yaaaa -_-

2. Kembarannya kaya gimana ?

Jennggg... jeenggg... here I presenting to you...

Me with my twin sister
Sumbernya : Dokumentasi Pribadi
Setelah gw tunjukan foto kembaran gw, DIPASTIKAN 80% para penanya ini akan ngomong "kok cantikan kembaran elu sih Nik hahah elu mah buluk... petakilan juga" kan KZL ya -_-

3. Kok gak mirip ?

Yuk belajar biologi dulu :) it will be a little bit scientific explanation.

Seperti yang kita tau bahwa janin dalam perut seorang ibu terbentuk dari hasil pembuahan antara sperma dari ayah dan sel telur dari ibu yang selanjutnya berkembang menjadi zigot lalu embrio. 

Gampangnya: sel telur + sperma = zigot -> embrio -> janin (fetus)


Diawal tulisan kan gw udah nyebutin soal kembar identik dan non-identik (atau sebutan lainnya adalah fraternal twins). Nah penentuan kembar apakah kembar identik atau non-identik dilihat dari 2 aspek, salah satunya adalah jumlah pertemuan sel telur oleh sperma. 


Ilustrasi pertemuan sel sperma dan sel telur yang menghasilkan anak kembar
Sumber: jdc.jefferson.edu

Jadi berdasarkan gambar diatas, kemungkinan anak kembar bisa terjadi karena : 

(1) adanya pertemuan 1 sel telur dan 1 sel sperma (monozigotik) yang dalam perkembangan selanjutnya membelah menjadi 2 bagian yang sama persis sehingga anak kembar yang dilahirkan adalah identik dan selalu berjenis kelamin sama

(2) adanya pertemuan 2 sel telur dan 2 sel sperma (masing-masing) secara bersamaan (dizigotik) sehingga anak kembar yang dilahirkan adalah non-identik dan jenis kelaminnya bisa sama atau beda.

Dari penjelasan diatas, gw dan Niki kemungkinan adalah  fraternal twins yang berjenis kelamin sama tapi non identik yang berasal dari hasil pembuahan 2 sel telur dan 2 sperma dalam waktu yang bersamaan sehingga "tampilan" kita berdua lebih terlihat sebagai kakak-adik ketimbang sudari kembar hihihi 

Kalo aja perkembangan teknologi, status ekonomi keluarga dan jaminan kesehatan di era 90-an udah semantap sekarang, mungkin status ke-kembaran gw dan Niki bisa lebih jelas ditentukan lewat USG yaitu dengan melihat membran luar (chorion), membran dalam (amnion) dan plasenta.

Emak gw aja baru tau kalo hamil kembar itu pas lahiran di Bidan 😂 Kalo Niki keluar kepala duluan... gw keluar kaki duluan dan sempet nyangkut susah keluar wkwkw

*CMIIW

4. Pasti pake baju harus sama terus ya ?

Waktu kecil iya. Tiap lebaran pasti pake baju yang sama persis. Tapi untungnya cuma bertahan sampe SD kelas 5 apa 6 gitu. Turns out we have different style wkwkw sejak SMP udah gak pernah pake baju yang sama lagi.

5. Pernah berebutan gak ?

Waktu SMA gw pernah marahan sama Niki gara-gara tempe. Jadi emak gw beli 2 nasi bungkus buat sarapan, salah satunya dikasih bonus tempe goreng sama yang jual dan yang dapet nasi+ekstra tempe adalah Niki. Karena iseng, gw comot tempenya >.< terus doi marah-marah ngomelin gw wkwkwk Mungkin lagi sensi mau period hahah
Tapi kejadian kaya gitu jarang banget terjadi sih. Bahkan udah hampir gak pernah hahaha karena Niki cenderung untuk "give" sementara gw yang "take" dan kebetulan juga selera kita kebanyakan gak sama. Jadi sangat kecil kemungkinan untuk rebutan.

6. Siapa yang lebih tua ?

In term of biology : She is karena dia yang brojol duluan dan terpaut 15 menit aja sama gw.
In term of culture : I am karena katanya kalo kakak pasti keluar belakang karena nyuruh adiknya yang duluan.

So karena kebingungan itu... gw dan Niki gak  pernah ada manggil dengan sebutan "kak", "teteh", "yayu" atau "mbak" sebagai tanda hormat sama yang lebih tua. Gw manggilnya si "neng" dan gw dipanggil "Bu".

Lah kok "Bu" ?
Asal mulanya karena waktu SMA gw pernah jadi ketua kelas, terus temen-temen gw pada manggil "Ibu Negara/BuNeg" eh kebawa-bawa sampe ke si Niki deh.

7. Enak gak punya saudara kembar ?

Curhat dikit ya hihi
Waktu kecil sampe jaman SMA gw sering iri sama Niki karena gw ngerasa dia lebih talented. Sering ikut lomba sana-sini. Menang lomba ini itu. Sementara gw cuma jago kandang modal rapot sekolah aja.

Tapi... mulai era kuliah gw baru menyadari ternyata gw sama Niki ini totally different banget. Gw orangnya tipe sains banget yang pendiem, gak suka yang rame-rame, kaku. Dia anaknya tipe sosial banget yang supel, banyak temen dimana-mana dan fleksibel.

Gw menyadari bahwa:
Bahkan anak yang dikandung dalam satu kandungan di waktu yang sama aja bisa sebegitu berbedanya, apalagi kakak beradik... APALAGI anak tetangga. So terus-terusan banding-bandingin siapa yang lebih hebat... siapa yang lebih banyak prestasinya... is so pointless karena every child is special

Eh... pertanyaannya belum dijawab loh...
Ohiya. Jawabannya adalah ya sama aja kaya kalo punya kakak atau adik aja cuma bedanya kalo ada kembaran, frekuensi orang ngebanding-bandingin kita berdua itu jadi lebih tinggi. Which is sometimes it's uncomfortable kalo situasi dan kondisinya sedang tidak mendukung.

8. Wah enak ya nanti kalo lu punya anak, anak lu kembar juga ?

Duh gak tau deh ^^v setau gw anak kembar itu terjadi secara spontan *gak pake uhuyy* maksudnya ya bisa terjadi pada siapa aja dan mengutip dari websitenya babycenter.com per tahun 2013 di USA probabilitas terjadinya kelahiran kembar adalah 3 dari 100.

Tapi lucunya laki gw sama lakinya si Niki secara kebetulan miriiippp. Mereka berdua pernah lagi belanja di minimarket deket rumah dan dikira saudara kandung padahal dari kewarganegaraan aja udah beda hihihi

9. Nyokap Bokap lu beneran gak ketuker tuh ?

Jujur, kalo gw belum pernah ada nanya yang kaya gitu. But Niki did. Parah yak wkwkw
Ya kaliiii gimana mau ketuker... lahirannya aja di rumah sendiri dan pake manggil Bidan.

🌻🌻🌻🌻🌻

Okedeh sekian dulu tulisan gw soal THE MOST FAQ about anak kembar ^^ Jumpa lagi ditulisan gw selanjutnya :)
Feel free to ask me about anak kembar yaa... barangkali ada yang masih penasaran soal anak kembar


Referensi:

Wassalamu'alaikum and see ya~ 

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"
💗Salam hangat and have a good day💗

6 comments:

  1. Eh mirip kokkkk, kata siapa ga mirip.
    Cita2 saya nih, dulunya pengeeennn banget punya anak kembar, cewek.
    Alasannya bisar gak perlu hamil dan melahirkan berkali2, melahirkan itu serem dong wakakakka

    Selain itu, lucu banget tau, punya anak kembar gitu, bisa didandanin sama :D

    Dan harapan makin besar mengingat saudara bapak saya ada yang kembar.

    Ehtapi, gak dikasih dong ama Allah.

    Ya iyalaaahh, saya gak mampu hahaha

    Ngurus 1 bayi aja hampir gila, apalagi 2 bayi? wakakkakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya dan Niki ngerasa gak miripppp hihi cuma emang kalo bentuk idung sih mirip banget mbak heheheh

      Iya sih ngelahirinnya 1 kali mbak tapi ngurusinnya jadi dobel kan heheh anak kembar lucunya pas kecil aja mbak hihihi bener deh. Kalo udah gede gak lucu lagi soalnya udah bisa pilih gaya dan selera masing-masing wkwkwk

      Allah pasti lebih tau kemampuan kita kok mbak :) semua wanita itu kan kuat... cuma beda jalan dan caranya aja

      Delete
  2. Seruuu ya punya sodara kembar wkwkw.. Karna umurnya samaan kan bisa jadi kayak temen gitu mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. waktu kecil rival... udah besar jadi temen curhat apalagi pas mau tidur hihi

      Delete
  3. Mirip kokk, sekilas aja udah mirip kalo kalian kakak adik :D

    Aku selalu interest dengan anak-anak kembar, lucuk aja gitu ada dua orang yang persis tapi dengan kepribadian yang berbeda. Dan bener banget ya, anak kembar aja bisa beda 180 derajat, banding-membandingkan itu emang nggak ada habisnya. Bersyukur aja ya dengan diri sendiri dan terus berusaha jadi yang lebih baik (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Jane, kalo untuk level kakak adik sih emang mirip, cuma kalo aslinya keliatan agak jauh untuk level anak kembar hihi

      Betul... karena tiap orang punya sidik jari unik satu dengan lainnya jadi ya buat apa saling banding-bandingin ya ?

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin