Follow Us @soratemplates

Thursday 25 July 2019

Kok Banyak yang Suka Drama Korea ? (+5 Rekomendasi Drama Terbaik)

Assalamualaikum! Annyeong~

Lee Kwang Soo xD

Dikelilingi teman-teman pecinta K-pop selama kuliah di Jogja, lambat laun membuat saya juga ketularan. Apalagi hampir setiap hari saya nemenin temen deket download berbagai macam variety show dan drama Korea dengan memanfaatkan kecepatan wifi kampus yang wuzzzz wuzzz wuuzzz... lama-lama jadi paham dan suka deh.

Belum lagi beberapa temen kos saya juga ada yang lebih addict dengan K-pop. Setiap hari mereka rela streaming MV (music video, video klip) boyband kesukaan demi melihat idol yang biasa disebut sebagai "bias". 

Tapi kali ini saya gak akan bahas soal boyband-boyband dulu ya... saya pengen nulis tentang K-Drama. 

Yup! Hallyu wave itu gak terbatas lewat k-pop aja loh... tapi juga lewat drama (Serial TV atau kalo di Indonesia lebih terkenal sebagai sinetron).

Dari memori yang bisa saya ingat, drama Winter Sonata (2002) dan Autumn in My Heart/Endless Love (2000) adalah 2 drama yang pertama kali saya tonton semasa kecil yang ditayangkan disalah satu stasiun TV Indonesia. Memasuki masa SMP, saya makin sering ngikutin drama Korea yaitu Jewel in The Palace (2003) dan Full House (2004). Waktu itu nonton karena iseng aja... nontonnya juga di TV kok jadi gak ada adegan yang aneh-anehnya wkwkw

Sayangnya drama Korea kala itu masih kalah saing sama drama Taiwan yang fenomenal banget sampe pernah dibikin versi Indonesianya juga dengan judul Siapa Takut Jatuh Cinta (yang versi Leony loh ya bukan Natasha Wilona). Drama apakah itu ?

METEOR GARDEN (2001)

Sancai dan F4
Sumber : www.asiaone.com

Pasti banyak familiar dengan kisah percintaan si kaya Dao Ming Si dan si miskin Dong Sancai... dramanya seru, lucu, gemesin tapi juga romantis. Apalagi tahun lalu drama tersebut dibuat versi remake yang diperankan aktor dan aktris yang masih kinyis-kinyis macem dek Dylan Wan 😍

Demam-deman drama Korea kayaknya dimulai sejak penayangan drama Boys Over Flowers (2009) yang merupakan versi Korea dari Meteor Garden yang juga merupakan versi Taiwan dari drama Hana Yori Dango dari Jepang. Kalo gak salah inget, drama ini tayang di Indonesia tuh hari Senin apa Selasa jam 10 malam. 

Inget banget dulu kalo drama ini abis tayang, besok pagi pasti jadi bahan perbincangan temen cewek-cewek di sekolah yang kesengsem sama kegantengannya Gu Jun Pyo, Yoon Jin Hu, So Yi Jung dan Song Woo Bin. Hype-nya 11 12 sama Game Of Throne kali yaaa...

Sayangnya saya baru demam drama Korea justru pas kuliah tahun 2011 karena terus-terusan dicekoki temen-temen yang pada maksa suru nonton Kdrama hahah Tapi walaupun terus-terusan dicekoki drama dan k-pop, saya tetep gak se-addict temen-temen yang lain yang sampe pada begadang buat nonton drama. 

Saya cuma mau nonton drama yang seenggaknya ada artis Korea yang udah saya tau sebelumnya macem Song Hye Kyo, Rain, Hyun Bin, Lee Min Ho atau kalopun gak ada artis yang saya tau, berarti temen saya terus nyekokin saya sampe saya akhirnya nyerah mau nonton drama yang dia saranin wkwkw.

Dari sekian drama Korea dan Sinetron Indonesia yang saya tonton baik secara terpaksa maupun suka rela, sampailah saya pada kesimpulan bahwa drama Korea jauhhhhh lebih menarik untuk saya daripada Sinetron Indonesia. 

Eeeittsss jangan dulu ngamuk ngecap saya gak cinta produk dalam negeri yaaa... plis baca dulu sampe selese alasan saya kenapa bisa bilang kaya gitu.


BACA JUGA : Sinetron Indonesia: Udah Tau Gak Bagus, Kok Masih Laku ?


Bukaan, alasannya bukan karena pemain drama Korea lebih ganteng dan cantik kok. Kalo soal tampang, artis sinetron Indonesia gak kalah ganteng juga. Bener deh... coba aja liat seimut apa Fandy Christian kalo lagi nongol di FTV hahah


BACA JUGA : Dituduh Kecanduan Obat Gara-gara Rutin ke Dokter ?


K-drama bagus karena kualitasnya. Berbeda dengan Indonesia yang lebih mementingkan kuantitas.

🍿Hal pertama yang akan saya bahas adalah jumlah episode. Rata-rata jumlah episode di drama Korea berkisar 15-20an episode dengan durasi sekitar 1 jam untuk tiap episodenya (ada juga drama Korea yang episodenya lumayan panjang hampir 100an eps, tapi gak banyak). Sementara Indonesia ? Minimal ratusan bahkan ada yang sampe seribuan episode padahal ada yang sekali tayang sampe 2 jam sampe ceritanya udah ngalor-ngidul gak jelas dan gak nyambung sama judulnya.

🍿Karena episode drama Korea dikit, maka alur ceritanya jelas. 
Jelas banget mana pengenalan cerita, mana konflik awal, mana pengembangan konflik, mana klimaks dan anti-klimaksnya. Lain dengan sinetron yang bikin penonton bingung sebenernya cerita utamanya apa dan mau kemana. 

Awalnya cerita tentang tukang bubur, eh tau-tau jadi cerita orang sekampung. Kan lucu!

🍿Drama korea digarap dengan niat seniat-niatnya padahal episodenya sedikit. 
Mulai dari set lokasi yang bener-bener menyerupai kenyataan dan bahkan ada yang shooting di RS beneran kaya Descendants of the Sun tuh. Sinetron Indonesia ? scene restoran aja "kaya begitu" :") antara sedih ngeliatnya tapi juga lucu karena kentang banget wkwkw

Apalagi drama bergenre medis yang banyak pake istilah-istilah kesehatan, saya yakin mereka bikin naskah dengan melibatkan orang-orang yang profesional di bidangnya.

🍿Niatnya gak cuma sampe situ. Sampe soundtrack-nya dibuat khusus untuk drama tersebut. Sama kaya kalo bikin film. Kebalikan dengan di Indonesia yang pake lagu-lagu yang udah ada sebelumnya untuk soundtrack sinetron.

🍿Udah bikin drama yang niat, maka promosinya juga gak tanggung-tanggung. Setiap ada drama baru, pasti pemainnya pada gencar hadir diberbagai acara talk show dan variety show. Sementara Indonesia kesannya yaudah gitu aja. Promosi cuma lewat iklan aja.

🍿Pernah meratiin pemain sinetron Indonesia ? pasti orangnya itu-itu aja. Sementara di drama korea pemain (utama)nya beragam. Gak cuma pemain yang lagi ngetop aja... bahkan artis-artis lamapun banyak yang masih main drama kok gak kalah keren sama artis-artis mudanya. Jadi gak bosen liat "dia lagi dia lagi".

🍿Dari sekian alasan yang saya tulis, ada 1 alasan pamungkas yang bikin saya suka drama korea yaitu genre dan tema drama yang beragam banget. Kalo dulu drama Korea banyak mengambil tema standar seputar cinta si miskin dan si kaya tapi sekarang udah makin beragam mulai dari drama fiksi, drama hukum, drama medis, drama misteri dll... nah kalo Sinetron ? masih aja berkutat rebutan suami, cinta segitiga, rebutan harta, anak durhaka, ibu tiri jahat. Haduuhhh~

Sekalinya ada sinetron adaptasi dari drama korea, jadinya malah enggak banget -_-
Inget sinetron Kau yang Berasal dari Bintang hasil adaptasi drama korea You Who Came From The Star ? 😅😅😅😅

Makanya gak heran drama di korea itu sama bergengsinya dengan film.

Walaupun saya gak banyak nonton drama Korea sebanyak orang-orang lain, tapi saya tetep mau merekomendasikan beberapa drama yang menurut saya bagus pake banget dan harus ditonton sama pecinta drama! Dijamin gak akan nyesel nontonnya deh...

P.S. gak ada Descendants of the Sun dalam list ini karena saya terlanjur kecewa sama endingnya yang menurut saya flop abis terlalu maksa ngikutin keinginan penonton huhuh padahal anti klimaks ceritanya udah mantul pisan lah dengan kematian tokoh utama.

Secret Garden (2011) - IMDb's ratting: 8.3/10

Sumber : asianwiki.com
Cast : Hyun Bin as Kim Joo Won, Ha Ji Won as Gil Ra Im
Genre : drama, fantasi

Sinopsis : Seorang stunt woman yang secara gak sengaja ketemu sama CEO ganteng tapi aneh bin nekat, sombong dan penderita claustrophobia. Akibat pertemuan gak sengaja itu membuat hidup keduanya berubah drastis secara ajaib mereka bertukar jiwa setelah minum teh bunga misterius dan ternyata sebenernya hidup mereka udah saling berkaitan dimasa lalu tanpa mereka sadari.

Drama ini kaya roller coaster. Awal-awal bikin penonton mringis-mringis kesengsem sama perjuangan nekat tapi so sweet-nya Kim Joo Won PDKT sama Gil Ra Im sampe akhirnya mereka pacaran. Lalu muncul konflik yang dimulai saat hubungan mereka ditentang ibunya Joo Won. Eiittsss tunggu sampai episode 17. Penonton akan dibuat nyesek se-nyesek-nyesek saat adegan nulis surat sore-sore.

Ohiya jangan lupakan adegan sit up yang fenomenal itu yaaa... Bikin penonton teriak histeris wkwk.
P.S. Di episode terakhir bagian akhir, ada  adegan 18+ yang cukup intens. 
Dari drama ini saya belajar bahwa jangan pernah ngetes pengorbanan cinta seorang lelaki. Mereka makhluk yang nekat!

A Gentleman's Dignity (2013) - IMDb's ratting: 8/10

Sumber : asianwiki.com
Cast: Jang Dong-gun as Kim Do Jin, Kim Ha-neul as guru Seo Yi Soo, Kim Su-ro as Im Tae San, Yoon Se-ah as Hong Se Ra
Genre : drama, komedi

Sinopsis : Cerita seputar perjalan hidup, terutama perjalanan cinta 4 sahabat yang udah om-om diusia mereka yang gak muda lagi. Yang 1 udah duda karena istrinya meninggal tapi terus-terusan ditaksir adik sahabatnya sendiri yang usianya masih 20an tahun. Yang 1 lagi nikah sama seorang wanita jutawan yang lebih tua darinya yang selalu merasa insecure takut suaminya macem-macem. 

Yang 1 lagi arsitek yang naksir atlit golf seksi yang tinggal sama temennya yang merupakan seorang guru BP yang ternyata juga naksir arsitek tersebut dari lama. Yang 1 lagi juga arsitek yang juga naksir guru BP tersebut. Ruwet ? memang. Tapi konflik gak berhenti disitu. Puncaknya adalah ketika muncul seorang remaja yang ngaku ayah biologisnya salah 1 dari 4 om-om itu.

Salah satu drama yang berhasil dicekokin Arum ke saya. Dari drama ini saya banyak belajar bahwa adulthood is not easy hahah. Gak nyangka dramanya sebagus ini... bener-bener bikin emosi penonton naik turun. Gemes aja gitu udah om-om juga masih pada ganjen tapi ya keren juga. Bener-bener menggambarkan pribahasa "tua-tua keladi, makin tua makin jadi"

It's Okay It's Love (2014) - IMDb's ratting: 8.3/10

Sumber : asianwiki.com
Cast : Jo In Sung as Jang Jae Yoel, Gong Hyo Jin as Ji Hae Soo
Genre : psikologi, komedi

Sinopsis : Kisah cinta antara psikiater yang punya trauma terhadap laki-laki akibat perselingkuhan ibunya dan penulis novel yang menghidap gangguan kejiwaan berupa OCD, Lou Gehrig dan Skizofrenia yang hampir merenggut nyawanya. Tanpa sadar mereka berdua saling menyembuhkan.

Gara-gara drama ini bikin saya aware soal kesehatan mental terutama soal trauma masa lalu. Banyak istilah-istilah kedokterannya juga. Alur ceritanya bagus banget. Maju mundur cantik. Apalagi dengan Jo In Sung yang ditampilkan dengan segitu keren, cool, so weet tapi sengak! 
Warning lagi, drama ini banyak muatan 18+ heheh

Doctor Strangers (2014) - IMDb's ratting: 7.6/10

Sumber : mydramalist.com
Cast: Lee Jong Suk as Park Hoon, Jin Se Yoen as Song Jae Hee
Genre: medis, action, politik

Sinopsis: Seorang dokter bedah torakalis yang super terampil dan jenius yang kembali ke Korea Selatan setelah bertahun-tahun terperangkap di Korea Utara dan sedang berusaha menyelamatkan pacarnya yang masih masih ada di Korea Utara. Kemudia hidupnya jadi rumit setelah bertemu dengan pacarnya di RS tempat dia kerja tapi pacarnya tersebut datang dengan identitas berbeda. Kerumitan juga ditambah dengan adanya konspirasi politik yang melibatkan agen rahasia Korea Utara.

Drama medis yang hampir realistis. Terutama pada saat scene-scene operasi jantung. Berasa kaya ada di ruang operasi beneran deh. Udah gitu konfliknya seputar konspirasi politik dua negara. Sebagai pemanis juga ada Park Hae Jin juga looooh, dia ini berperan sebagai anak korban mal praktik sebuah RS besar yang berusaha balas dendam dengan menjadi "duri dalam daging".

Strong Woman Do Bong Soon (2017) - IMDb's ratting: 8.3/10

Sumber : asianwiki.com
Cast : Park Bo Young as Do Bong Soon, Park Hyung Sik as Ahn Min Hyuk
Genre : action, crime komedi, drama

Sinopsis : Seorang wanita mungil yang ternyata punya kekuatan khusus yang kemudian bekerja sebagai bodyguard seorang CEO perusahaan game yang tengah diteror seseorang. Lalu mereka berdua jatuh cinta. Ditengah kebahagiaan mereka, muncul seorang psikopat yang membahayakan sahabat wanita tersebut dan pacar adik kembarnya. Sebagai seorang lelaki, CEO tersebut berusaha melindungi wanita yang dicintainya.

Kalo dari ceritanya awal-awal agak bosenin sih tapi lucu, baru rame pas ada psikopat tersebut beraksi nyulik para gadis karena obsesi gilanya menikahi 7 gadis sekaligus berdasarkan sebuah pertunjukan drama klasik. Beneran nyeremin dan intens banget.

What I love from this drama ? Park-Park couple is adorably cute!!! Sumpah manis banget nonton mereka berdua tuh... Ohiya, komedinya juga lawak banget. Bikin ngakak deh... Maksudnya kan kadang jokes di drama Korea tuh suka gak masuk buat orang Indonesia ya... tapi disini hampir semua jokesnya bisa saya cerna.

Sekian dulu tulisan saya kali ini.
Boleh loh kalo mau kasih rekomendasi drama korea yang anti mainstream ^^ 
Let me know by left a comment below okay


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

15 comments:

  1. kalau dibandingin sinetron indonesia, memang drakor jauh lebih bagus. jadi kepo sama drama2 yg direkomendasiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. kapan gitu ya sinetron Indo bisa sebagus drakor huhu biar gak perlu streaming mulu huhu...
      monggo coba ditonton mbak :D

      Delete
  2. yang belum nonton cuma doctor strangers :D
    K-Drama emang total banget dan berbagai profesi sukses digali

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayooo tonton Doctor Strangers mbak, seru banget pas scene operasi-operasinya hahaha
      Benerr, drakor tuh totalitas banget dari segi cerita, setting lokasi dan pemainnya juga

      Delete
  3. Karena saya pengikut cerita misteri. Cobain nonton drama thrillernya korea deh mba. Voice atau signal. Bisa jdi Rekomendasi kalo lagi pingin nonton misteri detektif :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Voice tuh thriller ya ? saya kira itu drama polisi-polisian gitu hahaha
      Oke deh, masuk list drama yang perlu ditonton :D terima kasih rekomendasinya mbak

      Delete
  4. Bedanya film indonesia sama korea emang jauh banget, saya pun suka film korea karena selalu berhasil bikin oenasaran dan ceritannya yang nggak bisa ditebak, anti mainsteream dan totalitas banget. Mungkin di indonesia disesuaikan sama kebiasaan orang-orangnya ya....

    Saya kalau habis nonton drakor pasti mesem-mesem baper😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr! drakor tuh alurnya jelas tapi gak ketebak...
      Sy malah kalo baru beres nonton drakor langsung halu mbak jadi suka ngayal wkwkw

      Delete
  5. Kalau mau bandingin drakor ama sinetron Indonesia bisa banget kok, tapiiii ama sinetron jadul di tahun 90an.

    Saya nggak suka nonton sinetron, tapi saya ingat dulu ada sinetron yang main Desi Ratnasari ama primus ya kalau ga salah.

    Saya suka banget deh, soalnya konfliknya smooth banget, bukan dibuat-buat.
    Alias nggak ada yang lebay dan salah kayak toko antagonis sadis lebay.

    Kalau Meteor Garden, saya cuman suka yang pertama dan yang awal-awal doang.
    Sama aja sih menurut saya dengan drakor.
    Saya cuman suka awal-awalnya.

    Dan biasanya drakor yang smooth itu yang episode nya belasan aja.
    Kalau udah nyampe 20, ampun saya bosan karena lebay jadinya.

    Tapi ini selera saya sih, mungkin memang saya kurang suka sinetron, lebih suka nonton film barat, kayak desperate housewife, serial psikopat denver atau den apaaa gitu..
    Sukaaa banget.

    Mungkin karena mereka bule ya, jadinya saya nggak ngerasa mereka berakting, beda ama asia.
    Apalagi yang lebay cerita antara ceo dan orang nggak punya, rasanya terlalu lebay.

    *kemudian saya dipentung pecinta drakor
    *kabooorrrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, kalo dibandingin sama sinetron taun 90an tuh berani deh saya bilang sinetron Indonesia juga gak kalah bagus. Soalnya ceritanya sederhana dan gak lebay kaya sinetron jaman sekarang yang ceritanya dipanjang-panjangin gak jelas sampe ribuan episode wkwkwk

      Sama sih mbak, saya juga males kalo disuru nonton drakor yg cerita CEO demen sama orang kismin. basi bangetttt itu cerita lama hahha

      Desperate Housewife itu serial lama kan ya ?
      Mbak Rey kalo suka serial bule yang ceritanya thriller misteri gitu coba tonton Serial LOST deh. Saya yang penakut cuma berani nonton episode awal doang

      Delete
  6. Jadi ngiri juga deh, kapaaaan gitu saya bisa duduk manis menikmati drama, apalagi drama Korea :)

    Membaca postingan ini saya jadi banyak tau tentang comparative antara drama Korea and Indonesia. Thank you, mabak. Saya suka analisanya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mbak sama-sama...
      Ayoo mbak coba me time dengan nonton drakor buat hiburan sesaat heheh

      Delete
  7. Saya dulu nonton drakor yang tayang di tv aja sama yang di laptop temen saya pas kuliah, biasanya nonton dorama jepang, tapi gara gara kerjaan makin sibuk, saya ga nonton apa apa deh hihi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah mbak Lala kayaknya lebih suka Jejepangan ya...
      Saya pernah tuh dulu gak sengaja nonton semacam dorama Jepang di TV kabel. Ceritanya tentang anak SMA yang hobi makan ramen gitu terus dia review ramen tersebut...
      Doramanya bagus karena bikin ngiler sama ramennyaaa~

      Delete
  8. Maybe, I am the only person in the world, who has never watched Korean dramas, though, some of my friends recommended me to do it. I need to correct this situation.

    ReplyDelete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin