Follow Us @soratemplates

Wednesday 24 July 2019

Mata Kering Akibat Kelamaan Main Laptop? Insto Dry Eyes Solusinya!

Assalamualaikum! Annyeong~




Sejak kuliah dulu, saya gak bisa lepas dari yang namanya Laptop.
Walaupun hampir sebagian besar laporan praktikum kuliah saya harus ditulis tangan tapi saya tetap perlu bantuan laptop dan smartphone untuk mencari landasan teori dan informasi terkait topik praktikum tersebut. Apalagi pas nyusun Skripis. Makin butuh banget sama laptop karena saya harus melakukan analisis statistik yang hanya bisa dikerjakan dilaptop.

Setelah lulus kuliah, saya makin gak bisa pisah sama laptop tercinta karena saya mulai menemukan hobi baru selain merajut. Yaitu main game, bikin design grafik sederhana dan nonton film atau drama Korea. Untuk main game aja, seenggaknya saya perlu 4 jam hahah. Kok betah banget ? Ya karena game-nya seru!!!

Sekarang, walaupun status saya sebagai IRT... bukan berarti saya lepas dari laptop. Saya masih doyan main game bahkan sering main game bareng suami juga. Saya masih seneng bikin design dan ngedit-ngedit foto. Nonton film juga malah makin sering, hampir tiap minggu pasti ada film yang saya tonton sampai malam. Apalagi.... sekarang hobi saya nambah. Saya jadi hobi nulis blog sejak tahun lalu. Setiap hari pasti ada aja yang saya tulis.

Sering kena paparan layar laptop dalam waktu berjam-jam dan hampir setiap hari... belum paparan lewat smartphone dan TV ditambah selalu kena kipas angin dan AC sekaligus karena cuaca yang panasnya gak nyantai, lama-lama bikin mata saya terasa gak nyaman akhir-akhir ini. Saya sering mengalami mata perih, mata pegal, mata sepet sehingga menyebabkan mata lelah apalagi saya kan pake kacamata... jadi makin berasa lelah matanya. Sering nyut-nyutan gitu di pojok mata dan belakang telinga. Gak enak deh :(

Karena penasaran apa yang terjadi dengan mata saya, saya langsung cari-cari informasi lewat internet. Setelah berseluncur di Google, ternyata eh ternyata... mata saya kering! Ya sudah pasti penyebabnya karena kelamaan kerja depan laptop huhuhuuu

Sebenernya apa sih mata kering itu ?

Pada dasarnya, mata kering adalah kondisi ketika mata tidak mampu menghasilkan air mata yang cukup sebagai pelumas mata atau kondisi saat air mata yang dihasilkan tidak pada konsistensi yang tepat sehingga air mata mudah menguap.

Berdasarkan penjelasan Alodokter.com, mata kering disebabkan oleh :


💧Produksi air mata berkurang ==> bisa karena faktor usia, adanya penyakit tertentu, konsumsi obat dan adanya kerusakan kelenjar air mata

💧Air mata lebih cepat menguap ==> disebabkan cuaca (terlalu panas, terlalu dingin, banyak angin dan asap), jarang mengedip (saat membaca dan bekerja didepan layar komputer)

💧Komposisi air mata tidak seimbang ==> adanya sumbatan kelenjar minyak

Gejala mata kering :

Secara umum, gejala yang sering timbul adalah mata perih, mata pegal dan mata sepet. Secara rinci, menurut hellosehat.com, gejala mata kering adalah :

💧Perih
💧Sensitivitas terhadap cahaya
💧Sensasi kesat atau berpasir di dalam mata
💧Sensasi panas, menyengat, atau gatal di dalam mata
💧Seperti ada yang menyangkut di dalam mata
💧Kemerahan
💧Penglihatan kabur
💧Mata lelah dan berair
💧Lendir di dalam atau di sekitar mata

Eeeeiitttsss!!!
Jangan anggap sepele mata kering loh ya. Kalo dibiarkan dan gak diobati, kondisi tersebut akan mengarah pada kondisi yang lebih parah berupa peradangan, nyeri, bisul atau bekas luka pada kornea. Duh jangan sampe deh yaaa...

Solusinya adalah....


Nah, sebagai pertolongan pertama untuk mata kering, saya selalu siap sedia Insto Dry eyes sebagai obat tetes mata yang mampu memberikan efek pelumas seperti air mata. Cara pakainya juga gampang banget, cukup 1-2 tetes pada setiap mata sebanyak 3x sehari. Insto Dry eyes ini juga gampang banget dicari dan harganya murah cuma Rp.16.000 bisa untuk berkali-kali pakai.




Selain menggunakan obat tetes mata, untuk menjaga kesehatan mata kita juga perlu melakukan beberapa hal sederhana berikut ini :

  1. Banyak konsumsi air putih
  2. Banyak konsumsi sayur dan buah
  3. Jangan sering-sering menggosok mata
  4. Hindari kondisi yang terlalu kering
  5. Sering gunakan kacamata jika diluar rumah untuk menghindari asap dan debu

Sekian dulu tulisan saya kali ini.
Semoga bermanfaat dan... Bye Mata Kering!


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

8 comments:

  1. penting banget ya sedia instro dry eyes ini bagi yang sering pake gadget

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbaakkk, penyelamat dikala mata pegel

      Delete
  2. Saya juga selalu sedia insto mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. obat tetes mata itu salah satu item P3K yang harus ada d rumah nih

      Delete
  3. Aku nih butuh insto dry eyes.
    Andalan keluargaku juga sih insto.
    Pokoknya kalo soal mata ya taunya merk ini aja.. yg lain2 ga tau :D hahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama kaya air mineral hahah apapun merknya, pasti disebut sebagai akua hihi

      Delete
  4. Senang banget deh, gara-gara banyak yang bahas ini, saya jadi lebih aware ama kesehatan mata, secaraa saya sering banget kelamaan di depan laptop :D

    Insto emang semacam sahabat mata favorit banyak orang ya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. berasa ada magnetnya ya mbak laptop tuh bikin betah hehhe

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin