Follow Us @soratemplates

Saturday 7 December 2019

Pregnancy Story : Kehamilan Pada Trimester Pertama

Assalamualaikum! Annyeong~




Pada tulisan sebelumnya, saya udah cerita soal kista coklat di indung telur kiri.
Karena saya udah tau punya kista, saya jadi makin aware sama jadwal dan intensitas siklus menstruasi. Saya gak pernah lupa untuk catat tanggal awal dan akhir menstruasi dan keluhan apa aja yang saya alami tiap bulannya lewat aplikasi di handphone. Supaya in case kalo kenapa-kenapa, saya bisa lacak disitu.

BACA JUGA : Pregnancy Story: Prolog dan Cerita tentang Kista


Pernah siklus saya mundur 3 hari. Dalam 3 hari itu, saya becandain suami "hun, jangan-jangan aku hamil..." terus dia cuma senyum aja sambil jawab "Aamiin doong....". Tapi ternyata dihari ke-4  saya menstruasi. Dari situ saya mulai ngerasa sedih dikit-dikit karena becandaan saya beneran jadi candaan semata :( Sejak tau saya punya kista dan 'ditakut-takuti' dokter, saya mulai berharap untuk segera "isi", mana timeline sosmed saya juga kebanayakan isinya aktivitas mamah muda beserta bayinya.

Sebaik-baiknya pengharapan, hanya kepada Allah

Mungkin saya kurang kenceng usaha dan doanya. Saya pernah sedih dan nyalahin diri sendiri "kok belum (hamil) aja, jangan-jangan bener apa kata orang soal..." belum selese saya ngomong, suami saya langsung motong "udah dek, jangan dibawa pusing ya. Santai aja"

JADIII BUAT YANG SUKA NANYA "KAPAN HAMIL? KAPAN HAMIL?" PLISSS STOP NANYA-NANYA BEGITU. BIKIN STRESS TAU! Sekali dua kali ditanya begitu masih oke aja, kalo udah berkali-kali ya dongkol juga~

Sampe akhirnya dibulan Agustus, menstruasi saya telat 5 hari gak kaya biasanyanya yang paling lama telat 3 hari dan saya merasa ini bukan karena kista. Tapi anehnya saya juga ngerasain tanda-tanda kaya mau menstruasi sejak seminggu sebelumnya kaya sakit badan dan PD kencang. Kan jadi bingung... hamil atau telat mens karena kista ? hamil atau enggak ?

Saya gak mau lagi becandain suami soal hamil kaya sebelumnya.
Daripada tebak-tebakan, saya minta suami untuk belikan 3 testpack yang beda merk. Tapi cuma dapet 2 yasudah. Testpack tersebut baru saya pake pas siang-siang. Karena takut salah cara pakenya dan waktu pengujiannya kurang tepat, saya test lagi pas baru bangun tidur (walaupun sebenernya testpack itu bisa dipake kapan aja gak harus pagi hari).

Dan hasilnya 2 garis merah pada kedua testpack tersebut.
Alhamdulillah.



Gimana rasanya liat hasil tersebut ? 
Honestly, agak bingung, "ini beneran nih saya hamil ? Serius ?" sekaligus takut.
Saya gak mau overexcited dulu sebelum dikonfirmasi dokter kandungan. Takut kecewa.
Beberapa hari kemudian, saya ke dokter kandungan.

Dan... alhamdulillah, kehamilan saya terkonfirmasi oleh dokter lewat pemeriksaan USG. Waktu itu janinnya belum kelihatan karena yang baru kelihatan masih berupa kantong kehamilannya aja. Saya juga gak lupa untuk konsultasi soal kista. Takutnya kista ini bakal mengganggu kehamilan nantinya.

Saya beryukur banget nemu dokter yang gak bikin pasien khawatir. Katanya:

"Tenang aja Bu, kistanya gak apa-apa kok. Jangan terlalu khawatir. Obatnya kista tuh cuma 1: pisau bedah hahah".

How I feel ?

Physically

Awalnya saya masih ngerasa biasa aja. Terus kayaknya pas bulan kedua, saya mulai cari perhatian dengan agak susah makan. Saya tiap hari masak tapi gak mau makan masakan sendiri dan jadi anti untuk goreng ikan sendiri harus suami yang gorengin, terus saya maunya grepfud/gofud terus. Pengen makan makanan yang enak-enak dan nganggep masakan saya gak enak padahal kata suami enak-enak aja. Saya juga gampang banget kembung dan begah padahal makan dengan porsi biasa. Belum lagi mulut bisa mendadak berasa pahit jadi bikin gak mau makan padahal beberapa menit sebelumnya gak kenapa-kenapa. Jadi napsu makan saya naik turun gitu, doyan makan kalo beli makan diluar hahah

Mulai masuk awal bulan ketiga, saya udah bisa makan masakan sendiri lagi. Tapi untuk sarapan saya udah terbiasa gak makan nasi karena efek kembung dan begah di bulan kedua tadi. Biasanya saya sarapan bubur kacang/bubur ayam/granola/sereal jagung padahal sebelum hamil saya selalu sarapan nasi.

Pas masuk minggu ke-12, napsu makan saya mulai melonjak. Rasanya kaya gak ada kenyangnya. Biasanya 1 mangkok bubur kacang kuat nahan laper sampe makan siang, nah tapi saat itu cuma kuat nahan laper sampe jam 10 aja. Terus jam 12 udah harus makan siang eh jam 3 udah laper lagi...

Selain itu perubahan yang saya rasakan adalah jadi gampang capek, ngos-ngosan dan pusing. Pusingnya bener-bener sampe yang nyut-nyutan gitu, rasanya otak saya kaya lagi diplintir-plintir terus diremes-remes. Mirip kaya pusing pas abis sidang Skripsi dulu ahahha.
Tapi untungnya pusingnya gak tiap hari sih, mungkin seminggu 3-4 kali aja. 

Menjelang akhir trimester pertama, saya mulai sakit punggung dan nyeri ditulang ekor kalo kelamaan tidur di karpet huhu. Oh iya sampe lupa, saya selalu kegerahan juga. Biasanya kalo siang saya bisa beraktivitas dalam rumah tanpa didampingi kipas angin, sekarang mah beuh~ kipas angin muter terosss 24 jam sehari + AC dimalam hari. Sampe kipas angin saya yang belum ada 2 tahun akhirnya matot saking digas pol terus wkwkwk

Bagaimana kondisi wajah saya ?
Bruntusan merajalela di area dahi dan dagu :( tapi ini mungkin ada pengaruh dari perubahan skincare rutin saya yang sekarang cuma pake facial wash Clean n Clear doang. Soalnya saya pernah baca katanya skincare untuk jerawat (Salicylic acid, AHA dan BHA) harus dihindari ibu hamil huaaaaa... padahal saya baru banget mulai perawatan jerawat di ERHA. Yasyudah~ bye bye dulu deh sama muka mulus bebas jerawat.

Soal morning sickness ?
Alhamdulillah banget kehamilan pertama ini (so far) saya gak ngalamin muntah-muntah tapi kalo mual-mualnya sih sering. Penyebabnya gak jelas, tau-tau mual aja terus kembung dan gak tentu waktu. Bisa malem-malem, bisa siang-siang. Tapi jarang pagi-pagi.

Mentally 

This is the hardest part of pregnancy.
Tadinya... saya punya rencana untuk mebekali diri dulu sebelum mulai program hamil. Maksudnya saya harus belajar secara teori soal kehamilan. Lalu saya juga harus mempersiapkan tubuh saya dengan healthy lifestyle dan screening kesehatan saya dulu misalnya lewat MCU dan screening TORCH dsb.

Apa mau dikata, rencana tinggal rencana.
Makanya begitu tau saya positif hamil, perasaan yang saya alami pertama kali adalah bingung dan takut. Saya merasa clueless banget soal kehamilan terutama soal asupan makanan. Saya takut dzalim dengan kehamilan pertama ini karena saya masih aja egois selalu mikirin kepuasan pribadi.

Rasanya kaya dipersimpangan jalan. Disatu sisi saya ingin selalu makan makanan sehat yang lengkap gizinya. Tapi disisi lain saya masih pengen memanjakan lidah saya dengan junk food lokal macem sempol ayam, bakso, cilok dkk. Nah loh gimana tuh... 

Jadi agak beban. Mau makan ini takut, mau makan itu takut. Padahallll... kondisi hamil adalah kondisi yang normal untuk wanita, bukan kondisi sakit yang ada pantangan makan ini itu. Cuma ya memang... wanita hamil itu agak sedikit terbatas aja kan ya... maksudnya harus lebih tau batasan untuk konsumsi beberapa jenis makanan dan aktivitas tertentu.

Makanya karena saya yang masih agak bandel soal makanan, suami saya terus mendorong saya untuk rajin minum susu hamil yang mana kebanyakan rasanya coklat tapi disisi lain saya punya negative vibe sama susu coklat. Kenapaaaa... karena saya udah 'kenyang' minum susu coklat terus dari kecil sampe kelas 6 SD. Sehari bisa 4-6x minum susu coklat. Akhirnya pas gede jadi ogah minum susu rasa coklat kalo selain Milo (etapi Milo kan bukan susu ya sebenernya hahah, hanya minuman coklat mirip susu).

Tapi kan saya tetep harus berusaha berjuang demi janin di perut...
Ini lah yang sedang saya perjuangkan. Saya berusaha nge-set mental dan pikiran saya untuk rajin minum susu hamil, rajin makan sayur dan buah dan ngurangin makan makanan yang 'enak'.

Ada lagi.
Bener kata orang yang bilang katanya orang hamil itu sensitif banget perasaannya. Benuuullll. Benar dan Betul. Kalo pas lagi menstruasi saya sering tiba-tiba marah-marah ke suami karena hal sepele. Sementara pas hamil saya sering tiba-tiba nangis dan melow karena mendramatisir suasana.

Misalnya gini, pas sore itu saya udah mau masak untuk makan malam. Saya udah siapin bahan-bahannya tinggal dieksekusi aja menjelang jam makan malam. Tapi tiba-tiba saya lemes atau pusing. Akhirnya batal masak dan makan malam kami pun terselamatkan oleh abang ojol. Nah, saya bisa tiba-tiba nangis sesenggukan gara-gara hal tersebut. Terus suami kaget liat istrinya tiba-tiba nangis wkwkwk

"aku merasa gagal jadi Istri kamu hun. Aku cuma dirumah aja, gak kerja, kamu yang capek cari uang pas pulang kerumah malah gak ada makanan yang bisa dimakan. Masa makan aja harus beli terus, itu juga kamu yang order dan ambil pesenannya ke depan huhuh aku istri yang gak berguna huaaaaaa" (drama banget gak sih ini?😅)

Hobi mendramatisir suasana juga terjadi dengan orang lain. Istilahnya saya jadi baperan banget wkwkwk. Saya biasanya lebih milih jadi tipe defender kalo terjadi konflik, artinya lebih suka cari aman aja lah... ngalah, minta maaf duluan. Ehhhh ntah ini bawaan hamil atau gimana ya, saya sekarang jadi lebih gampang ngegas dan berubah jadi attacker dalam sebuah konflik. Bahkan saya pernah ribut hebat sama kakak-kakak saya. Parah emang yaaaa... berasa jadi adik durhaka wkwkwk

Waaahhh gak kerasa udah panjang aja tulisan kali ini.
Intinya, pengalaman hamil setiap orang berbeda-beda, gak akan bisa disama-samain yaaaa.

Sekian dulu deh cerita saya soal pengalaman di trimester 1 kahamilan. See you dicerita pengalaman hamil trimester 2 yaaa...
Semoga menghibur~


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

17 comments:

  1. Apa yang Mbak Nike rasakan pas hamil kebanyakan sama lho sama aku dulu, cuman kalo di aku ditambah muntah-muntah. Setiap kali perut diisi makanan, pasti ada aja yang dimuntahin. Lemes terus aku dulu tuh.

    Sudah berasa ada yang nendang-nendang belum, Mbak? Hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaaa beberapa minggu lalu saya seharian muntah2 juga mbak, sehari 5x muntah tiap diisi apapun pasti dimuntahin lagi. Gara-garanya asam lambung naik...

      Saya salut banget sama ibu-ibu hamil yang ngalamin morning sickness gitu, saya yang muntah2 sehari aja rasanya udah gak karuan banget huhu.
      Wanita emang hebat dengan caranya masing-masing :)

      Alhamdulillah mbak Roem, sudah mulai berasa ada yang nendang heheh

      Delete
  2. Selamat mba. Smg sehat terus jg cadebaynya.

    Sepakat deh klo ngidam tuh beda2. Istri 4x hamil dan 4x pula berbagai keunikan dan drama terjadi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, terima kasih atas doanya kak :D

      Yaaa kan... wanita adalah makhluk yang misterius hihi

      Delete
  3. Seneng baca ceritanya, mengingatkan saya pas hamil dulu juga gitu mbak. Drama, susah makan, terus maunya makan junkfood (terutama mie instan), perasaan yang campur aduk, gitu deh hahaha. Tapi ya namanya hormon kita lagi nggak stabil, jadi maklumin aja dan selalu kasih pengertian ke orang terdekat. Semoga sehat terus ya mbak, semoga nanti lancar kedepannya. ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrrr mbak :D hamil itu unforgettable moments banget
      Aamiin, terima kasih mbak atas doanya heheh

      Delete
  4. wah, selamat ya mbaaaa.. semoga lancar sampai persalinan.
    memamg gitu ibu hamil, jadi lebih sensitif..

    duh, baca ini saya jadi pengen hamil lagi. hihi

    ReplyDelete
  5. Pertama-tama saya mau ucapkan selamat ya, Mbak.
    Pasti bahagia banget.
    Saya juga sedang program buat yang kedua ini meski programnya ga lagi pake bantuan dokter karena belajar dari pengalaman pertama saja, hehehe.

    Hamil mudah wajar, mbak ga bisa cium bau gorengan. Saya dulu langsung hueks, lemes kalau lewat deket orang jual Lalapan atau masak sendiri.

    Pernah bosen beli, ingin masak sendiri. Tapi, saya ga bisa tahan bau masakan, akhirnya saya tutup hidung pas masak hahahha.

    Sekarang program pun saya bicarakan sama suami, tentang pekerjaan rumah yang pasti akan jadi bagian dia selama saya hamil sampai bayi usia 2bulan, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Heheh terima kasih mbak ^^
      Waaahhh semoga cepet goal ya mbak programnya... semangat!

      Iyaaa iyaa, saya jadi inget belum ngomongin soal pembagian tugas rumah tangga sama suami nih

      Delete
  6. Mbaaa, selamat ya atas kehamilannya. Baru blogwalking lagi dan baca cerita mba di sini hehe, semoga mba dan baby sehat selalu sampai hari H. Dimudahkan dan dilancarkan proses kehamilan dan kelahirannya :> meskipun berat dan melelahkan, semoga bisa menjadi berkah <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiiinnn terima kasih buat doanyaaa.
      Semoga mbak dan keluarga bahagia selalu!

      Delete
  7. Ini kisah Gue, tau gak? Gara-gara Menjanda, Gue Gak Bisa Ikut Kibo Robot Programming Challenge :D :D

    https://asroteknologi.net/gara-gara-menjanda-gue-gak-bisa-ikut-kibo-robot-programming-challenge/

    Share semoga tembus sama minat anak SMA dan anak Kuliahan!

    ReplyDelete
  8. Caesars completes $450M expansion of casino - DRM CD
    LAS VEGAS 창원 출장안마 (Dec. 경산 출장마사지 31, 2021) 김제 출장마사지 – Caesars Entertainment announced 넷마블 바카라 today that it has completed the $450 million 청주 출장샵 expansion of the casino in Las Vegas.

    ReplyDelete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin