Follow Us @soratemplates

Saturday 25 May 2019

Aplikasi Penunjang Kegiatan di Bulan Ramadan

Assalamualaikum! Annyeong~



Sebenernya gw tidak secara khusus mengunduh aplikasi tertentu dalam rangka bulan ramadan seperti prayer time ataupun Al Quran versi digital karena sebelumnya emang udah punya. Tapi jarang dipakai juga. Alasannya karena gw lebih suka baca Al Quran secara manual karena kalo baca Al Quran lewat smart phone godaannya lebih besar yaitu buka-buka aplikasi lain yang bikin terlena heheh...

Tapi selama bulan ramadan, ada beberapa aplikasi yang lebih sering gw pake lebih dari hari-hari biasanya sebagai penunjang kegiatan-kegiatan selama bulan ramadan. Berikut ini aplikasi penunjang kegiatan di bulan ramadan versi Niklosebelas :

Alarm

Aplikasi yang satu ini hukumnya wajib gw cek setiap malam sebelum tidur karena gw pernah salah pasang alarm heheh harusnya pasang alaram untuk AM gw malah pasang PM. Untung bukan pas bulan puasa... bisa-bisa bablas sahurnya heheh

Selain untuk bangunin sahur, alarm juga gw pake sebagai pengingat jam minum obat. Terutama obat hormonal yang harus diminum diwaktu yang sama setiap harinya.

Tim banyak alarm

BACA JUGA : Umroh dan Obat Penunda Menstruasi


Tips menggunakan alarm supaya efektif :
  1. Pilih suara alarm seberisik mungkin
  2. Kalo tersedia, tambahkan dengan mode vibrasi
  3. Buat banyak alarm dengan jeda 15 menit
  4. Aktifkan mode 'repeat'
  5. Letakan alarm ditempat yang jauh dari jangkauan tangan

Cookpad

Cookpad adalah aplikasi resep masakan online. Dengan  adanya aplikasi sejenis ini menjadi penyelamat dikala kehabisan ide memasak atau sekedar nyari inspirasi menu masakan yang simpel dan enak untuk berbuka dan sahur. Cookpad juga bisa dipakai untuk membantu kita merencanakan meal preparation untuk seminggu kedepan sehingga kita bisa lebih terarah, hemat waktu, hemat uang dan hemat tenaga (apalagi pas puasa) ketika belanja kebutuhan memasak dipasar.

Pokoknya, Cookpad... aku padamu!


BACA JUGA : Mudik yang Diwarnai Drama

Gojek

Kalo lagi males masak, gak sempet masak atau bosen sama masakan rumah yang gitu-gitu aja, Gofood lewat Gojek adalah solusinya. Lewat Gofood, kita gak cuma bisa beli makan secara online loh... tapi bisa juga sekalian sedekah. Gimana caranya ? Bisa dengan ngasih tips, top up gopay atau seenggaknya memberikan apresiasi lewat ucapan terima kasih ke driver karena udah bantu kita beli makanan.


BACA JUGA : Jangan Lewatkan Sholat Tarawih di Bulan Ramadan

Twitter

Twitter gak cuma sebagai media sosial tempat gw ngoceh-ngoceh gak jelas. Walalupun Twitter ini kalah populer dari Facebook dan Instagram, tapi gw justru merasakan lebih banyak manfaat dari Twitter yaitu : 1) update informasi lebih cepat; 2) lebih menghibur dan 3) lebih hemat kuota hahah. 

Twitter isinya gak melulu soal propaganda politik atau headline berita abal-abal kok. Disana banyak akun-akun lucu dan thread-thread menarik yang bisa menambah wawasan serta pengetahun kita. Baru-aru ini yang paling gw suka adalah thread resep memasak simpe dengan alat dan bahan seadanya dari akun @tiarbah @masakdarurat. Bisa nambahin referensi menu masakan untuk berbuka dan sahur deh~

Sekian tulisan gw hari ini. 
Apakah temen-temenn juga menggunakan aplikasi-aplikasi yang gw gunakan ? Share pengalamannya di kolom komentar yaaa... ditunggu :)

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

6 comments:

  1. Ah iya mbak, lagu alarm saya yang bikin kaget, lagunya buat joget :D cookpad tuh aplikasi inspirasi masak favorit, hihi, kadang saking banyaknya pilihan sampe bingung pilih yang mana :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang penting di-bookmark dulu resepnya... eksekusinya kapan-kapan saking banyaknya resep yang ada ya

      Delete
  2. Jeda alarmnya kalo 15 menit mah kelamaan buat aku :D
    Hmm ... iya, ya, itu Cookpad emang jadi andalan. Paling sering dibuka kalau Ramadan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. 15 menit cukup buat bobok lagi mbak hihi
      Yaaa khan, terima kasih pencipta Cookpad... berkat dirimu kami-kami yang suka kehabisan ide masak jadi terbantu

      Delete
  3. Hahah.. Iya juga tuh alarm soalnya daripada kebablasan kan bisa ada yang bangunin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hampir kejadian beberapa hari lalu. Alarm di HP udah dipasang, tapi HPnya gak d bawa kekamar wkwkwk hampir aja telat sahur orang 1 rumah

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin