Follow Us @soratemplates

Wednesday 29 May 2019

Berburu Baju Lebaran Dari Masa ke Masa

Assalamualaikum! Annyeong~



Selain THR, yang paling dinanti Niklosebelas kecil adalah berburu baju lebaran karena hanya di momen inilah gw bisa beli baju baru. Orang tua gw emang gak mengajarkan gw untuk jadi konsumtif dari kecil, makanya mereka sangat membatasi gw untuk belanja ini itu. 

Tapi yaaaah namanya juga anak kecil, pasti pengen punya baju baru pas lebaran. Makanya gw girang banget kalo diajakin beli baju baru di mall. Biasanya gw sekeluarga beli baju baru itu pasti deket-deket lebaran soalnya nunggu alm. bokap libur kerja dulu sih... 

Sekali beli, gw bisa minta 2-3 set baju. Belum termasuk sandal/sepatu. Apalagi keseruan itu ditambah dengan nyari beli baju lebaran yang kemaran sama Niki. 

Mumpung dikasih kesempatan belanja heheh... kalo gak sekarang, kapan lagi gw punya baju baru ?

BACA JUGA : Kenapa Harus Hidup 'Prihatin'

Semakin beranjak dewasa, kebiasaan berburu baju lebaran keluarga gw mulai dirubah. Kalo sebelumnya harus banget beli di mall dan yang ber-merk... kali ini belinya di pasar-pasar grosir macem ITC dan belinya sebelum bulan puasa. Awalnya gw agak upset sih kenapa baju-baju gw jadi downgrade gitu... Dari segi kuantitas juga menurun. Paling banyak beli 2 set.

Apa mau dikata, gw gak bisa mbantah orang tua. Daripada dimarahin mending pasrah aja. Dalam hati, "masih untung bisa beli baju baru".

Perubahan gak berhenti disitu. Memasuki usia dewasa yaitu pas kuliah, untuk beli baju lebaran gw cuma dikasih mentahannya aja karena posisinya lagi merantau di Jogja heheheh Saat itu gw udah mulai paham betapa susahnya nyari duit... betapa susahnya ngirit duit... betapa besarnya perjuangan orang tua gw nyari duit buat nyekolahin gw sejauh ini. Masa iya mau seenaknya gw hambur-hamburin buat beli baju yang kadang bajunya cuma sekali pake aja.

Mulailah timbul jiwa-jiwa irit-pelit-perhitungan yang diturunkan dari alm. bokap gw.
Kalo misal gw dikasih budget Rp. 200.000 yang akan gw pake itu cuma Rp. 50.000- Rp. 100.000 aja biar sisanya gw tabung buat jajan. Iyaaa, gw lebih demen jajan makanan daripada belanja baju-bajuan.

BACA JUGA : Buka Puasa Bersama di Lokasi KKN yang Penuh Kebersamaan

Sampe akhirnya pas gw udah lulus kuliah sampe ngerasain jadi karyawan, gw sama sekali gak beli baju baru.
Alasan pertama karena gw udah gak disubsidi orang tua sejak lulus kuliah.
Alasan kedua karena pas lebaran gw belum kerja dan tahun depannya gw udah resign kerja sebelum lebaran jadi gak beli baju lebaran karena gak punya uang hahah

Gw gak habis akal. Pas lebaran gw pake baju-baju yang emang jarang dipake dan kalo beruntung, gw pake baju-baju lamanya nyokap gw yang muat sama gw. 

Malu ? Enggak. Toh gak ada yang tau baju yang gw pake itu baju baru apa baju lama. Bomat aja lah~

Eeeehh... tapi kebiasaan berbuju baju lebaran gw berubah lagi sejak gw menikah tahun 2017 kemaren. Dari yang tadinya pake baju suka-suka, sekarang harus seragaman 4 bersaudari + nyokap dong. Katanya biar kompakan (?) Thanks to my older sister yang suka ngide yang aneh-aneh... jadinya ribet deh ini sebelum puasa harus rame-rame ke pasar grosir buat nyari baju yang seragaman. Kadang ada yang seragaman, eh ukurannya ada yang gak tersedia. Ada  yang ukurannya tersedia semua, warnanya beda. Kan ribet bosque... Haduuhhhh~ Capek dwehhh

Sedikit tips dari gw : 
  • Cari baju lebaran yang gak cuma sekali pake jadi biar bermanfaat untuk dipake diacara lain
  • Sesuaikan dengan budget yang ada
  • Gak usah gengsi kalo pake baju murah asal sopan

Sekian dulu tulisan gw hari ini yang super ngebut heheh
Apakah ada yang mengalami up and down dalam berburu baju lebaran kaya gw juga ? Share di kolom komentar yuk...


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗

6 comments:

  1. untuk mengirit biaya kalau beli baju lebaran jauh hari sebelum puasa.. hehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. irit tenaga juga kak kalo sebelum puasa :D

      Delete
  2. sekarang sih ya, udah nggak merasa perlu2 amat beli baju baru.., karena baju tahun lalu masih muat dan baru juga beberapa kali oake, jadi beli baju barunya 2 tahun sekali aja,

    paling2 aak2 aja yang masih mau pakai baju baru tiap kali lebaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betuuul, pas masih anak-anak sampe remaja kayaknya beli baju lebaran tuh hukumnya wajib. Sekarang udah kenal susahnya nyari duit, jadi mikir berkali-kali kalo mau beli baju lebaran hihi

      Delete
  3. saya malah nggak pernah beli baju lebaran. selalu pakai yang ada aja.
    emang dari sononya kurang suka beli baju saya sih. hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener nih... keseringan beli baju lebaran nanti makin numpuk2 baju di lemari. Akhirnya pusing kalo lemarinya penuh

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin