Follow Us @soratemplates

Monday 13 May 2019

Produk andalan untuk dry patch pada kulit oily acne prone

Assalamualaikum! Annyeong~


Pernah gak ngalamin yang namanya dry patch atau adanya kulit kering pada beberapa bagian di wajah yang menyebabkan kulit sampai mengelupas, gatal dan kemerahan ?

Kalo pernah dan kebetulan tipe kulit kamu adalah Oily-Acne prone kaya gw... brati kita senasib.

Eh bentar. Gimana... gimana tadi ? dry patch di kulit oily acne prone ? maksudnya gimana sih... ada kulit kering tapi di jenis kulitnya berminyak cenderung berjerawat ? Kok bingung yaaa...

Awalnya gw juga kaget dan heran. Kok bisa kulit gw yang oily kaya kilang minyak terutama pada t-zone ditambah gampang jerawatan ini bisa muncul dry patch yang iyuuuhhhh banget sampe pada ngelupas dan kadang gatel banget....

Waktu itu, gw merasa ada yang berbeda pada bagian bawah mata kanan dan jaw line gw. Berasa kasar kalo abis cuci muka padahal bagian lain gak kenapa-kenapa dan gak kerasa ketarik juga. Pas ngaca dengan kondisi bare face, diliat-liat dengan seksama yaaa... gak ada apa-apa tapi kasar.

BACA JUGA : Cara make up untuk wanita berhijab yang anti-ribet


Besoknya, pas gw lagi dandan pake loos powder... and bammm!!! Baru ketauan kalo di bawah mata dan jaw line gw itu jadi kering dan kulitnya ngelupas :( sumpah ya gak enak banget liatnya huhuh bagian kulit yang kering itu jelas banget kalo pas pake make up.

Setelah gw inget-inget, ternyata penyebab utama dry patch gw adalah:

>>> Kurang konsumsi air, sayur dan buah
>>> Terlalu banyak minum kopi (seminggu full ngopi~ biasanya gw kasih jeda 1-2 hari gak minum kopi)


Sehingga menyebabkan produksi sebum (minyak alami yang ada dikulit) menurun dan bikin kulit kering. But i still don't get it kenapa keringnya cuma dibawah mata dan jaw line kanan aja.

Untung gw menemukan 3 (+1) produk andalan untuk mengatasi dry patch pada kulit acne prone yang gak bikin break out.




Untuk menangani dry patch, gw menggunakan 3(+1) produk yang dipake sesuai level dry patch yang sedang gw alami (ini level-levelan yang gw bikin sendiri yak)

Pada level pertama, gw menggunakan Hada Labo Ultimate Moisturizing Light Lotion (strip ijo). Produk ini adalah hydrating toner yang jadi basic skin care pagi dan malem gw setelah exfoliating toner. Gw udah repurchase beberapa kali karena hydrating toner ini sifatnya wajib untuk menghidrasi dan mencegah "kekeringan" pada kulit oily acne prone mengingat gw gemar pake masker dan facial wash untuk anti acne yang banyak mengandung bahan-bahan yang emang tujuannya untuk mengurangi produksi sebum berlebih pada wajah biar gak jerawatan. 

Pada level kedua, gw pake Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel kalo dirasa udah ada tanda-tanda kulit kering yaitu ada yang kasar pada beberapa bagian atau terasa ketarik sehabis cuci muka. Aloe vera gel ini dipakai cukup sehari sekali dalam beberapa hari setelah hydrating toner Hada Labo Ultimate Moisturizing Light Lotion. Bisa dipake pagi atau malam. Tapi perlu diingat bahwa aloe vera gel dari Nature Republic ini lumayan lama meresapnya dan agak lengket yaaa... makanya gw tidak memasukan dia kedalam rangkain basic skin care gw.

Walaupun begitu, gw selalu sedia aloe vera gel ini karena udah kaya jadi pertolongan pertama buat gw pas kulit gw mulai caper.

Pada level ketiga, yaitu ketika bagian yang kasar-kasar tadi berubah jadi kulit yang mengelupas yang artinya Nature Republic Aloe Vera 92% Soothing Gel sudah tidak bisa mengatasi dry patch, maka  Wardah Pure Olive Oil solusinya. Cukup oles olive oil dibagian yang mengelupas sehari 2x (kalo gak kemana-mana). Biasanya dalam 3-5 hari dry patch akan gone!

Pada level keempat, pas dry patch nambahin perkara jadi gatel-gatel (atau bahkan sampe kemerahan), yaudah deh... gak ada pilihan lain selain pake Bio-Oil. Sebenernya Bio-Oil ini enak banget buat jadi face oil karena bikin kulit lembab dan wanginya calming abis. But unfortunately, dalam beberapa hari BIKIN JERAWATAN tapi dry patch , gatel dan kemerahannya ilang! 

Dan jerawatnya gak santai cyin.. jerawat yang merah, besar dan nyut-nyutan :( 

Mungkin karena ada parafin yang jadi komponen paling banyak dalam Bio-oil sehingga nyumbat pori-pori dan bikin jerawat kali yaaa.

Nah bingung kan... satu sisi gw pengen ngatasi dry patch. Tapi disisi lain justru nambahin jerawat. Jerawat yang kemaren-kemaren aja belom kelar... makanya gw berusaha sebisa mungkin supaya dry patch gw jangan sampe masuk level 4 deh karena Bio-oil ini harus dipake hati-hati sama yang kulitnya acne prone.

Caranya selain pake 3 produk diatas, gw juga banyakin minum air putih, sayur, buah dan ngurangin konsumsi teh dan kopi untuk sementara.

Sekian dulu tulisan gw hari ini ^^
semoga bermanfaat yaaawww


"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"

Wassalamu'alaikum and see ya~
💗Salam hangat dan have a good day💗


12 comments:

  1. Hmmmm untung kamu udah nemuin skin cares yang cucok untuk mengatasi kulit kering yabg sporadis begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa :D tapi ini juga perjalanan nya lumayan panjang untuk dapet skin care yang cucmey mbak heheh

      Delete
  2. Memang penyebab masalah kulit rata-rata karena faktor pola hidup.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa bener mbak :( telat ganti sarung bantal aja konsekuensinya jidat jadi jerawatan huhu

      Delete
  3. Saya ga cocok dong pakai Natrep Aloevera itu, kulit pipi saya sampai terkelupas kering banget.
    Aneh ya, padahal seharusnya meng hydrasi

    Padahal dulu saya beli 2 sekaligus, akhirnya cuman saya pakai ke bagian tangan dan kaki doang ahahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayaknya mbak Rey gak cocok karena Natrep ada alkoholnya mbak... lumayan kenceng alkoholnya ituuuu. Buat kulit jerawatan sih alkohol di natrep itu bantu banget buat beresin jerawat nah kalo buat kulit kering justru alkoholnya bikin kulit makin dry...

      kalo mau coba aloe vera gel yang gak bikin dry, boleh coba aloe vera punya nya The Saem mbak... dia less alkohol banget itu

      Delete
  4. saya baca baca tuh emang produksi sebum di area mata tuh paling dikit mbak, jadi gampang kering :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oalaaah~ pantesan. Sekarang lagi kering lagi nih area mata saya gara2 lagi keseringan pake micellar water hikssss

      Delete
  5. Saya sih cuma berminyak doang sih, sama jerawatan yang enggak beres-beres. Huhu.
    Tapi pake Natrep itu oke banget, bekas jerawat hilang dan muka enggak terlalu mengkilap karena minyak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Natrep emang terkenal untuk calming jerawat sama bekasnya sih mbak... malah beberapa beauty vloger jadiin natrep ini sebagai primer make up soalnya emang bisa ngasih efek matte gitu

      Delete
  6. Itu olive oil wardah andalan daku mbak, yes banget bisa membuat wajah lebih lembab

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbaeq emang ya :D tapi saya pake olive oil cuma buat bagian2 yang bener2 kering aja mbak soalnya kalo dipake semua khawatir nutup pori2 terus jadi jerawat deh

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin