Strategi Mengelola Uang Bulanan
Niklosebelas
January 02, 2019
19 Comments
Assalamu'alaikum! Annyeong~
This is my first post in 2019~ setelah liburan long weekend 2x tapi kepotong harpitnas tanggal 26-28 Desember jadi gak jadi super looongg~ weekend deh... 😭 Tapi walaupun gw gak liburan kemana-mana cuma gegoleran dikosan doang, seenggaknya libur tahun baru gw cukup berkesan karena...
FINALLY!!! I HAVE MY OWN DOMAIN 😍
welcome to.... Niklosebelas.com 😀 yeayyy~
Soal behind the scene dan step by step apa aja yang perlu gw lakukan untuk ganti domain, insya Allah akan gw tulis di blogpost lain yaa...
Ohiya sampe lupak! Selain ganti domain, gw juga ganti layout blog btw 😆 Sebelumnya super clean dan white everywhere... sekarang blog gw jadi warna warni hihi *plisss jangan bilang alay yaaa, nati sedi akutu*
Alhamdulillah, 2 blogging target gw udah goaaal. *Horeee... 😁
Ehh tapi masih ada target lainnya juga yang menanti untuk di-goal-in juga *gak jadi horeee 😑
🌻🌻🌻🌻🌻
Ngomongin soal liburan... siapa sih yang gak suka liburan ? Apalagi kalo liburan keluar kota... Bisa santai-santai, terbebas (sementara) dari hiruk pikuk pekerjaan, makan dimanapun tinggal berangkat, mau hang out kemana juga hayoo, jalan-jalan kemanapun cusss ah... tapi selama ada budget-nya yaaa hihi
Tuh gw bold, underline dan highlight sekaligus kata-kata "budget-nya" karena tulisan kali ini gw akan membahas gimana sih cara gw mengatur uang bulanan. Kenapa sih budget atau keuangan harus diatur ? Karena salah satu sumber utama penyebab stress adalah DUIT...UANG...MONEY...! Jadi mau gak mau suka gak suka, harus diatur biar tertib.
FYI, gw adalah 100% IRT yang belum ada penghasilan tambahan selain dari gaji suami. Jadi mengatur uang bulanan adalah sebuah kewajiban dan haram hukumnya untuk terlewat.
Awal-awal menikah gw sama sekali gak punya yang namanya monthly budgeting, ada sih tapi kacau parah gak jelas gitu deh. Duit bulanan cuma numpang lewat doang padahal gw bukan shopaholic juga, pada bubar kemana coba duit sebulan itu 😟 Sedih gak tuh ? Banget. Liat rekening tabungan kok bikin meringis yaaa~ Nah baru deh gw sadar selama ini ada yang salah sama pengaturan keuangan gw. Ternyata eh ternyata... diriku salah dalam perencanaan keuangan baik untuk jangka panjang maupun jangka pendek.
Lalu suatu hari, temen kuliah gw (@tikaulfianinda) sharing di twitter catatan hasil dengerin podcast-nya Alodita dan Adrian mengenai financial planning. Catatan ini lah yang akhirnya menginspirasi gw untuk merombak habis keuangan bulanan gw dan suami.
(((Ini akan jadi tulisan yang cukup panjang. So bersabar ya baca ocehan gw hehe)))
Thank you Tika for your note and your permission 😊 |
🔥Pertama, identifikasi masalah dulu
Cari tau penyebab kenapa sampe keuangan ancur-ancuran sampe gak bisa nabung atau malah parahnya gali lobang tutup lobang. Apakah karena gaya hidup atau karena gak bisa ngatur cash flow.
Untuk kasus gw, masalahnya adalah cash flow.
Gw ngerasa gw terlalu banyak ngeluarin duit untuk satu hal sehingga hal lain yang lebih penting jadi gak kebagian duit. Ya. Penyakitnya adalah GW DOYAN JAJAN DAN NGEMIL 😓 sekali masuk minimarket, duit warna biru udah melayang aja... 💸
🔥Kedua, buat daftar pengeluaran untuk sebulan
Kalo perlu dibikin daftar aja kita-kira dalam sebulan itu butuh apa aja dan berapa perlunya. Misalnya biaya sekali makan 20k dikali 3 = 60k x 30 = 1800k (*k= .000), buat transportasi sebulan 500k, buat pulsa HP sebulan 200k. Pokoknya dibuat serinci mungkin. Dari kebutuhan kepala sampe kaki pokoknya. Ditulis juga ntar bakal pake duitnya dari tarik tunai kah, dari debet atm kah atau pake kartu kredit. Ohiya, ngasih uang ke bokap nyokap juga harus masuk daftar ini ya karena termasuk pengeluaran juga.
Kalo perlu bikin format daftar pengeluaran kaya gini:
Label/nama pengeluaran/jumlah pengeluaran/sumber uang
*Label itu maksudnya peruntukan utamanya untuk apa. Misalnya pengeluaran untuk makan dikasih label "kebutuhan pribadi", pengeluaran untuk beli HP baru pake kartu kredit dikasih label "hutang" dst.
🔥Ketiga, buat pos-pos pengeluaran bulanan
Tahap ini adalah tahap untuk mengelompokkan daftar pengeluaran kita dalam sebulan yang udah kita bikin sebelumnya. Tujuannya adalah untuk mengatur pengeluaran kita supaya tau pengeluaran mana yang kelebihan mana yang kekurangan. Kalo kelebihan, bisa mulai dikurangi. Kalo kurang bisa ngambil subsidi dari tempat lain. Pokoknya disini kita main strategi gimana caranya duit gaji sebulan itu tersebar pada tempatnya dan sesuai porsinya.
Perhitungannya bisa langsung ngikutin kaya yang dibuat Alodita itu atau dibuat menyesuaikan dengan keadaan kita. Kalo gw karena gak terlalu suka jalan-jalan maka pos 6 gw hilangkan (gw sama suami paling banter nonton ke bioskop, itu juga gak sampe sebulan sekali. Kalo pas ada film bagus aja sehingga budget nonton ini gw masukkan ke pos cicilan dan hutang) dan pos 2 dan 3 gw gabungkan jadi satu karena masih belum tau mau investasi kemana, yang pentingkerja...kerja...kerja... eh nabung...nabung...nabung dulu! 😆
Perhitungannya bisa langsung ngikutin kaya yang dibuat Alodita itu atau dibuat menyesuaikan dengan keadaan kita. Kalo gw karena gak terlalu suka jalan-jalan maka pos 6 gw hilangkan (gw sama suami paling banter nonton ke bioskop, itu juga gak sampe sebulan sekali. Kalo pas ada film bagus aja sehingga budget nonton ini gw masukkan ke pos cicilan dan hutang) dan pos 2 dan 3 gw gabungkan jadi satu karena masih belum tau mau investasi kemana, yang penting
Mari kita mbahas pos pengeluaran punya gw.
Garis besar pengeluaran utama gw adalah (bedasarkan skala yang harus dibayar duluan) :
- Hutang (sumber: kartu kredit)
- Charity (sumber: transfer rekening)
- Saving (sumber: rekening)
- Living Cost (sumber: cash)
1. Hutang (max 20%)
Sampai saat ini gw dan suami belum ada hutang besar kaya untuk beli rumah atau mobil. Hutang gw bentuknya adalah tagihan kartu kredit (kk). Biasanya gw pake kk ini cuma buat belanja online dan pembelian digital di market place (pulsa HP dan token listrik) aja. Keduanya pun gw berlakukan pembatasan dan penganggaran sendiri.
Kan gw udah tau nih sebulan perlu pake listrik berapa ratus ribu, pulsa untuk 2 HP perlu sekian puluh ribu... (inget poin kedua soal daftar pengeluaran sebulan). Pun untuk belanja online. WAJIB banget dibatasin. Contohnya, gw nih beli HP di Tokped nyicil pake kk, nah itu harus dihitung dulu cicilan perbulannya berapa... apakah akan melebihi kuota belanja online yang udah disepakati sebelumnya atau enggak. Kalo udah lebih dari kuota, mau gak mau harus nunggu bulan depan sampe ada slot untuk cicilan HP ini. Kalo bisa sih nabung dulu aja biar enak heheh
Dalam penggunaan KK, kita harus punya aturan ketat dan kedisiplinan.
Kalo gw dan suami punya aturan kaya gini:
- Ingat ya, KK bukanlah alat hutang tapi alat pembayaran.
- Jangan pernah pake kk untuk belanja bulanan, makan atau shopping di mall-mall. Bahaya! Sok cobain, bayar pake gesek kartu sama bayar cash, beda rasanya. Lebih nagih bayar pake kartu karena ada rasa "ini loh gw udah modern udah keren bayar pake kartu" sementara kalo bayar pake cash rasanya berat hahah karena berasa banget dompet jadi kempes. Ya kan ?
- Harus selalu bayar lunas semua tagihan bulanan kk. Jangan nunggu nunggak dulu atau bayar minimal. Harus lunasssss! karena, ingat poin no.1 👆
- Kalo mau pake kk, harus yang cicilan 0%
- Sebelum pake kk, harus hitung-hitung tagihan perbulan-nya berapa. Jangan melebihi kuota yang udah dibuat
- Selalu cek tagihan bulanan untuk apa aja.
Eh bentar deh, kok agak aneh ya. Katanya kk bukan alat hutang tapi kok gw menyebutnya sebagai hutang sih ? Gw juga baru nyadar nih hahah 😅 Gw coba jelaskan... semoga kaga belibet.
Gw sama suami melihat kk sebagai alat pembayaran tapi juga sekaligus sebagai hutang yang wajib segera dibayar lunas. Maksudnya adalah misal kita beli barang X dibulan Januari dan akan dibayar lunas dibulan Februari... nah kuncinya adalah pada "dibayar lunas" itu makanya kita nyebut kk sebagai alat pembayaran bukan alat hutang karena ya sebenernya pake duit kita juga cuma beda waktunya. Kecuali, misal beli barang X (tanpa mengukur kesanggupan bayarnya terlebih dulu) bulan Januari tapi sampe Juli belum kebayar lunas, nah baru deh itu namanya alat hutang karena gak tau bisa dibayar lunas kapan.
Sebenernya kk itu kaya pisau bermata dua. Kalo bisa ngatur, maka akan memudahkan kita dalam cash flow keuangan (gw dan suami ngumpulin cash back di marketplace lewat pemakaian kk yang kalo dikumpulin bisa buat belanja lagi). Kalo gak bisa ngatur, mending jangan pake. Racun banget soalnya.
2. Charity (max 20%, makin banyak makin bagus)
Hutang dan charity ini harusnya sama-sama dinomer 1 karena semuanya adalah kewajiban. Tapi gimana nulisnya kalo dua-duanya nomer 1 kan 😂
Inget aja kata-katanya si Private Pinguin Madagascar "lakukan yang baik maka kebaikan akan kembali padamu"
Hayooo mana yang namanya Private ? Sumbernya: en.wikifur.com |
Sebanyak apapun gunung emas yang kita kasih ke orang tua, gak akan cukup untuk mengkompensasi semua yang udah orang tua kita lakuin sampe kita jadi kaya sekarang.
Salah satu cara untuk mensyukuri apa yang udah Tuhan kasih ke kita adalah dengan berbagi. Bukan dari nominalnya, tapi dari keihlasannya. Berbagi pada saat kita berlebih adalah biasa, tapi yang luar biasa adalah berbagi pada saat kita kekurangan.
*yampun kok jadi kaya kumpulan quotes gini yak? 😅
Jaman sekarang, apa-apa udah gampang. Jadi gak ada alasan untuk gak berbagi. Zakat aja udah bisa lewat HP kok gak perlu capek-capek datengin yayasan atau badan amil zakat. Banyak kok website-website yang bisa menyalurkan sumbangan atau zakat kita. Contohnya ada Kitabisa.com atau sharinghappiness.com
3. Saving (max 20%, makin banyak makin bagus)
Udah baca tulisan gw soal Kenapa Harus Hidup 'Prihatin' ? Belum baca ? Baca duluuu atuh ihhh 😁 biar tau ternyata manfaat dari hidup prihatin salah satunya adalah jadi bijak dalam keuangan.
Orang yang bijak keuangannya adalah orang yang menabung.
Uang tabungan ini berguna banget untuk dana darurat, kan kita gak tau apa yang bakal kita hadapi didepan. Better to prepare. Kalo kata bokap gw sih "kalo punya tabungan seenggaknya kamu punya napas cadangan"
4. Living Cost (max 40%)
Kalo 3 pos sebelumnya berurusan sama rekening tabungan baik transfer-transfer atau pake kk, kalo pos ini semuanya gw bikin dalam bentuk cash! Karena seperti yang udah gw bilang, kalo bayar pake cash itu berasa sedihnya ngeluarin duit karena terpampang secara nyata dan jelas adanya bahwa duit kita berkurang terus.
Pos ini akan gw breakdown lagi yaaa jadi sub-pos... mengingat gw IRT yang full masak dirumah jadi kebutuhan rumah gw yang atur semua. Bahkan sampe uang buat didompet suami juga gw yang atur. Uang untuk living cost ini gw bagi lagi jadi 4 sub-pos:
Pos ini akan gw breakdown lagi yaaa jadi sub-pos... mengingat gw IRT yang full masak dirumah jadi kebutuhan rumah gw yang atur semua. Bahkan sampe uang buat didompet suami juga gw yang atur. Uang untuk living cost ini gw bagi lagi jadi 4 sub-pos:
- Bayar kos
- Transport (bensin motor sebulan) dan uang cash didompet suami
- Belanja bulanan
- Uang makan sebulan
Lalu untuk sub-pos uang makan sebulan, gw breakdown lagi jadi sub-sub-pos... gw rinci sebulan itu gw ke belaja ke pasar berapa kali. Beli apa aja, berapa banyak dan berapa kuotanya (ingat, buat daftar pengeluaran serinci mungkin). Biasanya gw ke pasar 4x dan bikin list untuk uang makan sebulan itu kaya gini:
- Telor
- Galon
- Beras, minyak goreng, gas
- Ikan, ayam, daging
- Sayur dan bumbu dapur
- Makan diluar *orang masak pasti ada bosennya heheh
Jadi semuanya gw kaliin 4 (karena ke pasar 4x) kecuali beras, minyak goreng dan gas yang cuma beli sebulan sekali.
Oiya, beberapa bulan sekali pos-pos keuangan ini perlu diupdate yaaa~ kan harga-harga di pasar naik turun tuh. Jangan males untuk itung-itungan, ada alat yang canggih banget namanya kalkulator 😋
Gimana cara gw mengatur uang-uang tersebut ?
Lewat kompartemenisasi alias memisah-misahkan dan menempatkan ditempat yang berbeda.
Gw kan punya 4 pos besar. Tiga pos bentuk uangnya cashless dan satu pos bentuknya cash.
Untuk pos cashless gw memberlakukan sistem pisah rekening tabungan. Jadi gw ada 3 rekening nih...
Sementara untuk pos living cost yang bentuknya cash... gw juga bikin kompartemenisasi dengan pake amplop-amplop yang diberi nama sesuai sub-sub-pos. Yaa mengingat sekat-sekat didompet itu paling ada berapa sih... jadi ya mau gak mau bikin pake amplop-amplop deh 😄 Kalo mau beli sebenernya ada sih tapi gw udah terlanjur cinta dengan amplop-amplop heheh
Kalo pos living cost yang semuanya cash dan punya wadah sendiri-sendiri dalam amplop rasanya kita gak akan pusing ngaturnya karena tau kalo mau beli ini ambil uangnya dari sini, mau beli itu ambil uangnya dari amplop itu. Simple.
Yang PR banget itu patroli uang yang dalam rekening. Pusing gw mah karena duitnya gak keliatan wujudnya hehehe. Emang sih kita udah punya pos-pos masing-masing untuk yang cashless... tapi ya namanya juga manusia pasti banyak lupanya.
"perasaan duit ditabungan kemaren masih ada sekian kok sekarang sisa segini?"
Nah loh siapa yang suka kaya gitu ? ayo ngaku... 😄
Ternyata setelah ditelusuri, duitnya dipake beli sepatu gara-gara gak sengaja liat ada diskonan.
Ternyata dipinjem temen tapi lupa gak dicatat.
Ternyata dipake buat traktir sodara-sodara.
Itu lah pentingnya mencatat. Pokoknya setiap abis melakukan transaksi lewat rekening harus cepet-cepet dicatat deh jangan ngandelin mutasi rekening atau cetak rekening koran karena sebaik-baiknya catatan adalah catatan yang kita tulis sendiri 😆
Boleh dicatat di HP atau notebook pribadi.
Kalo gw sih, untuk melestarikan tradisi kuno, ya nulisnya dibuku catetan aja hihi *bilang aja gaptek 😋
Manfaat paling gw rasakan sekarang adalah yang mengontrol uang adalah gw bukan sebaliknya.
Manfaat dari financial planning gak akan bisa kita rasakan selama kita gak disiplin dengan diri sendiri.
Kalo jatah untuk ambil uang cash sekian juta yaudah jangan tergoda ambil-ambil lagi.
Kalo jatah belanja bulanan untuk kebutuhan rumah adalah sekian ratus ribu yaudah mau gak mau cukup gak cukup harus cukup. Ntah gimana caranya... *cara yang halal loh ya 😛
Gw juga kadang masih sering ngalamin tiba-tiba ada pengeluaran yang tak terduga yang kadang agak menggoyangkan planning keuangan gw. Misalnya kaya bulan desember-januari ini banyak temen gw dan temen kantor suami gw yang nikahan. Itu kan gak pernah masuk dalam rencana keuangan gw karena ya paling sekali-sekali doang... disinilah pos saving akan berperan untuk menyokong keuangan gw supaya tetep stay on track.
Fiuuhh~ Capek uga nulis sebanyak ini 😅
Oke, as a conclusion:
Udah dulu yak 😉 udah kebanyakan soale hehehe
Semoga tulisan gw ini membawa manfaat buat ya baca. Aamin
"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"Oiya, beberapa bulan sekali pos-pos keuangan ini perlu diupdate yaaa~ kan harga-harga di pasar naik turun tuh. Jangan males untuk itung-itungan, ada alat yang canggih banget namanya kalkulator 😋
🔥Keempat, pengaturan uang
Setelah tau masalah yang bikin kita gagal mengatur keuangan, lalu bikin daftar kebutuhan dan pos-pos pengeluaran, tahap ini adalah tahap eksekusi! Tahap on the job training 😁 ya awal-awal wajar kok kalo keteteran dan suka comot-comot uang dari pos lain tapi lama-lama kalo udah terbiasa bakalan enak dan berasa manfaatnya.Gimana cara gw mengatur uang-uang tersebut ?
Lewat kompartemenisasi alias memisah-misahkan dan menempatkan ditempat yang berbeda.
Gw kan punya 4 pos besar. Tiga pos bentuk uangnya cashless dan satu pos bentuknya cash.
Untuk pos cashless gw memberlakukan sistem pisah rekening tabungan. Jadi gw ada 3 rekening nih...
- Rekening pertama khusus untuk pos saving yang gak boleh dipake selain untuk darurat.
- Rekening kedua tempat masuknya uang gaji suami. Rekening ini diperuntukan untuk autodebet pembayaran kk dan tempat gw ngambil duit cash untuk pos living cost.
- Rekening ketiga adalah rekening untuk jualan online
Sementara untuk pos living cost yang bentuknya cash... gw juga bikin kompartemenisasi dengan pake amplop-amplop yang diberi nama sesuai sub-sub-pos. Yaa mengingat sekat-sekat didompet itu paling ada berapa sih... jadi ya mau gak mau bikin pake amplop-amplop deh 😄 Kalo mau beli sebenernya ada sih tapi gw udah terlanjur cinta dengan amplop-amplop heheh
Bikin dari beberapa amplop yang dijadiin satu pake strapler terus kasih paper clip antaramplopnya |
🔥Kelima, punya log book rekening
*Log Book: mirip buku harian. Biasanya dipakai untuk mencatat semua kejadian yang terjadi selama penelitianKalo pos living cost yang semuanya cash dan punya wadah sendiri-sendiri dalam amplop rasanya kita gak akan pusing ngaturnya karena tau kalo mau beli ini ambil uangnya dari sini, mau beli itu ambil uangnya dari amplop itu. Simple.
Yang PR banget itu patroli uang yang dalam rekening. Pusing gw mah karena duitnya gak keliatan wujudnya hehehe. Emang sih kita udah punya pos-pos masing-masing untuk yang cashless... tapi ya namanya juga manusia pasti banyak lupanya.
"perasaan duit ditabungan kemaren masih ada sekian kok sekarang sisa segini?"
Nah loh siapa yang suka kaya gitu ? ayo ngaku... 😄
Ternyata setelah ditelusuri, duitnya dipake beli sepatu gara-gara gak sengaja liat ada diskonan.
Ternyata dipinjem temen tapi lupa gak dicatat.
Ternyata dipake buat traktir sodara-sodara.
Itu lah pentingnya mencatat. Pokoknya setiap abis melakukan transaksi lewat rekening harus cepet-cepet dicatat deh jangan ngandelin mutasi rekening atau cetak rekening koran karena sebaik-baiknya catatan adalah catatan yang kita tulis sendiri 😆
Boleh dicatat di HP atau notebook pribadi.
Kalo gw sih, untuk melestarikan tradisi kuno, ya nulisnya dibuku catetan aja hihi *bilang aja gaptek 😋
Buku sakti gw walaupun semuanya dapet gratisan. Yang satu isinya perhitungan pos pengeluaran yang satu log book rekening tabungan |
🔥Keenam, sabar dan disiplin
Ingat, mengatur keuangan itu bukan hal yang gampang dan triinngg... dalam semalam tabungan kita langsung gendut. Enggak. Semuanya butuh proses. Awal-awal mungkin berasa ribet, males dan belum kerasa betul manfaatnya... tapi insya Allah, dengan terbiasa bikin financial planning kaya gini idup kita akan jadi lebih tertata rapi, disiplin dan hemat.Manfaat paling gw rasakan sekarang adalah yang mengontrol uang adalah gw bukan sebaliknya.
Manfaat dari financial planning gak akan bisa kita rasakan selama kita gak disiplin dengan diri sendiri.
Kalo jatah untuk ambil uang cash sekian juta yaudah jangan tergoda ambil-ambil lagi.
Kalo jatah belanja bulanan untuk kebutuhan rumah adalah sekian ratus ribu yaudah mau gak mau cukup gak cukup harus cukup. Ntah gimana caranya... *cara yang halal loh ya 😛
Gw juga kadang masih sering ngalamin tiba-tiba ada pengeluaran yang tak terduga yang kadang agak menggoyangkan planning keuangan gw. Misalnya kaya bulan desember-januari ini banyak temen gw dan temen kantor suami gw yang nikahan. Itu kan gak pernah masuk dalam rencana keuangan gw karena ya paling sekali-sekali doang... disinilah pos saving akan berperan untuk menyokong keuangan gw supaya tetep stay on track.
🌻🌻🌻🌻🌻
Fiuuhh~ Capek uga nulis sebanyak ini 😅
Oke, as a conclusion:
- Garis besar strategi mengelola keuangan a la Nike: Identifikasi masalah ➤ Buat daftar pengeluaran ➤ Buat pos-pos pengeluaran beserta alokasi dananya ➤ Eksekusi ➤ Sabar dan disiplin
- Daftar pengeluaran salama sebulan: harus serinci mungkin.
- Pos-pos keuangan dibuat berdasarkan skala prioritas yang mana dulu yang harus dibayarkan: Hutang ➤ Charity ➤ Saving ➤ Living Cost ➤ Lifestyle (sisa dari 4 pos pertama)
- Cara penerapan: Pisah rekening dan buat pembagian untuk uang cash didompet *receh mana receh*
- Kartu kredit adalah alat pembayaran bukan alat hutang. Harus punya aturan ketat. Bahaya!
- Disiplin: harus kuat menahan godaan.
- Sabar: yang penting adalah prosesnya. Hasil akan mengikuti~
Udah dulu yak 😉 udah kebanyakan soale hehehe
Semoga tulisan gw ini membawa manfaat buat ya baca. Aamin