Follow Us @soratemplates

Friday 21 December 2018

Pelajaran Untuk Diri Sendiri Lewat BPN 30 Day Blog Challenge

Assalamualaikum! Annyeong~

BPN 30 Day Blog Challenge buat gw ibarat kaya anak balita yang lagi belajar merangkak terus diajari caranya jalan sama orang tua. Selama sebulan penuh, kita dituntut untuk menulis berdasarkan tema yang udah ditentuin. Temanya tentu aja beragam dari mulai tema personal, blogging, traveling, beauty sampe tema yang paling mendasar mengenai latar belakang nulis blog.

Menurut gw, dengan adanya tema yang mecem-macem begitu, secara gak langsung membantu newbie blogger kaya gw untuk menumukan jati diri untuk blog. Seperti menemukan gaya tulisan yang paling "aku-banget"... menemukan tema-tema yang paling diminati dan paling menantang diri... nambah referensi layout dan tema yang pengen ditampilin di blog juga karena jadi banyak jalan-jalan ke blog orang lain.

Contohnya, kemaren ada tema tentang travelling. Mati kutulah gw haha aseli gw bingung banget mau nulis apaan soalnya gw bukan orang yang suka jalan-jalan. Jadi pas nulis itu  gw ngerasa kaya anak SD yang lagi ngerjain PR matematika. Suka gak suka kudu dikerjain. So akhirnya tulisan tentang travelling itu berasa kaya jadi salah satu syarat kelulusan aja heheh

Tapi positifnya adalah gw belajar untuk keluar zona nyaman. Ternyata gw bisa juga kok nulis hal lain yang bukan gw-banget. Tinggal dilatih aja. Bener gak ?

Diawal challenge, gw sempet kesulitan nulis tema tentang sosial media. Alesannya adalah karena gw  coba keluar dari gaya tulisan gw yang biasanya. Sempet gak pede dengan cara gw nulis yang kaya orang curhat dan mendongeng ini... Lalu gw (sok-sokan) coba mengikuti cara nulis orang lain yang lebih formal dan rapi. Hasilnya ? Gw gak puas dengan tulisan yang gw bikin itu. It's not me.
Kemudian gw menyadari bahwa dalam blog itu emang harusnya ada sentuhan personal si penulis  karena blog bukan laporan ilmiah apalagi portal berita. Bener gak ? 
Perjalanan challenge gw gak berjalan mulus-mulus amat. Gw pernah ngalamin stuck sama satu tema karena bingung mau nulisnya kaya gimana. Terus juga gw pernah males to the max mau nulis, tapi akhirnya gw paksain aja supaya gw lulus gak ada yang skip atau numpuk ngepublish beberapa tulisan dalam satu hari heheh. Kesulitan gw adalah pas weekend karena rebutan laptop sama suami. Tapi, tenang... gw bisa menyiasatinya dengan nyicil nulis dihari lain biar pas weekend gw tinggal publish aja dengan catatan tulisan tema hari tersebut udah kelar yaaa...

Pelajaran paling penting yang gw dapet dari BPN 30 Day Blog Challenge adalah gw lebih mengenal diri sendiri dan mampu untuk membuat goal. Sebelumnya gw gak pernah tuh bikin-bikin goal atau resolusi tahunan gitu. Males aja buat apaan sih. Tapi setelah gw bikin tulisan tentang target blogging dan persoal goal taun 2019, gw ngerasa lebih jelas aja kedepan mau ngapain dan mau gimana. Karena tulisan gw udah di-publish ke public, otomatis gw jadi kaya ada pressure untuk berusaha merealisasikan target-target tersebut.
Malu atuh udah koar-koar masa cuma omdo 😜

Hal lain yang gw dapet adalah soal tanggung jawab, kedisiplinan dan kerja keras.
Kita sebagai challenger *wuiihhh keren amat ya namanya* dituntut untuk disiplin dan bertanggung jawab sama tugas nulis setiap hari. Gw ini orangnya paling gak bisa multitasking. Jadi kalo ada satu tugas, gw harus nyelesein tugas itu dulu baru bisa ngerjain hal lain. Makanya setiap hari gw berusaha nulis, publish dan submit tulisan gw itu supaya gw enak untuk ngerjain tulisan berikutnya dan gak numpuk kerjaan heheh. Soal kerja keras... beruntung banget gw ikut challenge ini. Soalnya gw baru sadar page viewers tulisan gw bisa naik setelah gw juga rajin blog walking ke tempat lain. Nah dengan banyak blog walking juga bisa menambah pengetahuan juga. Benul gak? 😁
Intinya apa yang kamu sebar, itulah yang akan kamu panen
Sebagai kesimpulan, berikut ini pelajaran yang gw peroleh setelah ikut BPN 30 Day Blog Challenge:

  1. Menemukan jati diri untuk blog
  2. Belajar keluar zona nyaman
  3. Jadi diri sendiri
  4. Lebih mengenal diri sendiri secara personal
  5. Lebih disiplin
  6. Bertanggung jawab dengan tugas
  7. Kerja keras
Gw ucapkan terima kasih banget buat Blogger Perempuan Network karena udah bikin challenge yang seru dan  bermanfaat ini. Semoga kedepannya bisa dijadikan agenda tahunan yaaa~ 😘

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"
💗Salam hangat and have a good day💗

8 comments:

  1. setuju mbak, challengenya bikin keluar dari zona nyaman :") semangat mbak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan bikin ngos-ngosan juga tiap hari nulis. Tapi seru bangettt yaaa

      Delete
  2. Akhirnya buat juga yay :D bener banget lewat challenge ini bisa menemukan jati diri (ciye) dan memaksimalkan kemampuan blogging tiap hari

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa mbakkk, gara-gara baca tulisan mbak juga nih akhirnya semangat nyelesein tulisan heheh

      Delete
  3. Hwaaa keren! Selamat Nike sudah sukses menyelesaikan challenge-nya..
    Aku belum bisa ikutan ini hiks T.T

    ReplyDelete
    Replies
    1. waaahhh dikomentarin blogger panutanqu nih :)))) blog kamu menginspirasi saya untuk nulis lohhh...
      Thank you Vidaaa :*

      Delete
  4. Ada postingan saya yang menggunakan model cerita, tapi seringkali berhenti di tengah jalan. Hihi.. jadi seolah kalimat sebelumnya dan sesudahnya sering gak nyambung 😭😭😭 .. akhirnya solusi saya adalah menggunakan listicle. 1 point pikiran selesai, ganti yang baru dan seterusnya 🤣🤣🤣🤣

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener mbak, tantangan banget nulis dengan model cerita gitu T,T

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin