Follow Us @soratemplates

Monday 17 December 2018

[BPN 30 Day Blog Challenge] Day 28: Market Place Langganan

Assalamualaikum! Annyeong~

Ada gak yang abis jalan-jalan ke mall terus cuss ke swalayan terus pas udah balik malah tepar kecapean ? Adaa~ ini nih yang punya blog ini orangnya 😁 Gw tuh emang gampang capek kalo jalan-jalan ke mall gitu. Apalagi kalo disuruh nemenin nyokap atau mbak gw belanja, waduh angkat tangan deh mending gw disuruh nyupirin aja ntar gw nunggu dimana gitu daripada kudu ngintilin belanja 😭 

Maka dari itu, gw lebih suka belanja online 😁 karena gak perlu capek-capek muterin mall buat nyari barang yang kita cari. Tinggal ketik, klik sana sini, bayar lalu tunggu pesanan sampe deh. Enaknya lagi kalo belanja online terutama lewat market place, selain kita bisa dapet harga termurah kita juga bisa dapet benefit lain berupa poin yang bisa dipake belanja lagi

Sumbernya: chfi.com
Barang-barang seserahan nikahan gw aja gw beli mostly lewat market place saking magernya hahah terus emak gw yang malah was-was katanya takut gw ketipu 😅 wajar sih, disamping enaknya kita yang gak perlu capek-capek beli ke toko fisik, jeleknya belanja online adalah resiko kena tipunya tinggi. Entah ketipu karena barangnya gak dikirim atau ketipu karena barang yang kita terima gak sesuai dengan yang diiklankan. 

So beware ya kalo belanja online, harus super teliti.
Be a smart buyer
Bicara soal resiko ketipu, beberap tahun lalu belanja online tuh masih sebatas lewat sosial media kaya lewat grup Facebook, Kaskus atau Instagram yang resiko ketipunya tinggi banget karena gak ada pihak ketiga yang menjamin barang kita bakal dikirim atau memfasilitasi kalo ada komplen. Untungnya sekarang udah banyak banget market place yang jadi pihak ketiga antara penjual dan pembeli. Seenggaknya kekhawatiran soal penipuan agak berkurang yaaa...walaupun tetep aja masih ada kemungkinan kita sebagai pembeli kena tipu walaupun belanja lewat market place.

Beriku ini 3 market place yang selalu ada dalam genggaman tangan gw 
Sumber: bisnis.tempo.co
Dari sekian banyak market place, Shopee adalah kecintaan gw. Bukan karena gw pernah kerja disana (walaupun cuma 3 bulan doang hihi) tapi karena Shopee yang paling gampang dipake buat cewek dan selalu ada gratis ongkos kirim. Yang gw suka dari Shopee adalah kita bisa liat review dalam bentuk foto yang dikirim pembeli lain. Jadi seenggaknya kita bisa bandingin kira-kira aslinya gimana.

Biasanya gw pilih Shopee itu kalo gw mau beli barang-barang yang berkesan cewek banget kaya baju, kerudung sama skin care karena gw ngerasa lebih banyak pilihannya disini daripada tempat lain. 

Sumber: bisnis.tempo.co
Sementara untuk Tokopedia, lebih sering gw pake untuk beli barang-barang yang berkesan cowok banget. Misalnya beli jaket cowok, pomade rambut, alat elektronik ataupun gadget. Dari HP sampe laptop gw beli lewat Tokopedia. Selain itu juga gw kalo beli token listrik dan tiket kereta lebih sering lewat Tokopedia karena banyak promo dalam bentuk cashback. Kan lumayan ya kalo dikumpulin bisa buat belanja lagi hihi

Sebenernya fitur review di Tokopedia juga udah bisa upload foto barang yang kita terima itu kaya gimana (Selain review bintang dan komentar), cuma gw ngerasa review pake foto di Tokopedia gak sefamiliar di Shopee. Iya gak sih ? 
Jadi kadang gw suka susah ngira-ngira real pruduct-nya bakalan gimana.
Sumber: selular.id
Gw belum lama sih pake JD.ID. Baru sebulanan ini. Itu juga gara-gara liat ada temen yang sering belanja kebutuhan bulanan kaya minyak goreng, sabun cuci piring, detergent disini. Setelah gw coba belanja disini pas event 11.11, yampun ternyata emang kalo mau belanja kebutuhan bulanan mendingan di JD.ID deh. Soalnya harganya murah-murah, gratis ongkos kirim dan enaknya lagi dalam satu toko (JD Mart) kita bisa beli macem-macem barang sekaligus, udah kaya lagi di Swalayan gitu deh. 

Cuma gak enaknya kadang belanjaan kita gak dikirim sekaligus padahal dalam 1 transaksi 😅 Pertama kali pake JD.ID itu gw kemaren beli 3 pcs minyak goreng 2L (21ribuan), sabun mandi 900 mL (25ribuan) sama 4 pcs sabun cuci piring 800 mL (10ribuan) pas pengiriman jadi dipecah 3x pengiriman. Gak apa-apa sih, namanya juga gratis ongkir yakan... cuma buat yang baru pake JD.ID agak bingung aja pas liat notifikasi kok banyak banget padahal cuma 1 transaksi.

Walaupun gw suka belanja online, tapi ada loh barang yang gak pernah gw beli secara online: SEPATU! hahah karena kalo untuk sepatu gw harus coba langsung soalnya kalo kebesaran atau kekecilan kan gak bisa dipermak kaya baju :"""))))

Walaupun sekarang udah jaman serba gampang, semua udah serba online..
tetep harus ingat daratan yaaa~
kalo khilaf, bisa berabe

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?"
💗Salam hangat and have a good day💗
Dari yang baru nulis blog

4 comments:

  1. Belum pernah coba JD.ID, lihat iklannya sih kocak, hehe. Tertarik ada minyak goreng 21rb :D /jiwa emak emak/

    ReplyDelete
    Replies
    1. cobain aja mbak :D lumayan bisa hemat 2-4 ribu hihi
      Iklan yang gaya india-india itu emang lucu sih mbak hahah

      Delete
  2. Aku pun juga suka belanja online mbak, apalagi pake e-commerce. Rasanya lebih aman karena ada sistem rekening bersama kan ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. benerrr. Kalo ada apa-apa bisa gampang komplennya. asal kita pinter pilih tokonya aja ya mbak :) BTW salam kenal ya mbak

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin