Follow Us @soratemplates

Tuesday 20 November 2018

[BPN 30 Day Blog Challenge] Day 1: Alasan dan Manfaat Menulis Blog

Assalamualaikum! Annyeong~

Banyak diantara kita yang kadang susah mengungkapkan sesuatu lewat lisan, apalagi untuk cerita ke orang lain. Kadang ngerasa malu atau gak enakan. Kadang ngerasa takut nanti dicap ini itu. Kadang ngerasa ngerepotin orang lain karena kita take his/her time untuk dengerin curhatan kita. Lama-lama akhirnya dipendam sendiri. Padahal dengan banyak memendam unek-unek kaya gitu, gak baik untuk kesehatan fisik dan mental kita loh (sumber: hellosehat.com). Salah satu cara alternatif mengekspresikannya adalah lewat menulis 😊

Iya, menulis itu selain untuk mengisi waktu luang, bisa juga untuk pemulihan emosi kita (sumber: hellosehat.com)

🌻🌻🌻🌻🌻

Kebetuan banget nih, baru sebulanan aktif nulis blog (lagi), terus join komunitas bloggerperempuan.co.id eh terus ada BPN 30 Day Blog Challenge. Newbie mana yang gak tertantang coba ?! I accept the challenge dong! Lumayan nih challenge-nya bisa untuk latihan gw dalam konsistensi hihi 😆

Untuk hari pertama, temanya adalah: Kenapa Menulis Blog ?

❗Heeemmm... Para pembaca, mohon bersabar. Ini akan menjadi tulisan yang cukup panjang 😆 🙏❗

Kenapa Blog?

Sebenernya gw udah mulai nulis blog tuh sejak taun 2017 lalu waktu gw baru aja ditransfer ke divisi lain di kantor. Didivisi lama, gw kerjaannya ngurusin daily event online game di beberapa kota di Indonesia. Yaaa gw istilahnya sebagai mandor data-data yang masuk ke kantor gitu lah, terus gw juga ngurusin request gaji buat part timer sama gw harus random call ke venue acara buat verifikasi ke kantor. Pokoknya tiap hari kerjaan gw telpon sama chat sana-sini deh. Liat jam tau-tau udah jam 12...liat jam lagi tau-tau udah jam 5. Time flies so fast 😊 and I was enjoying my job at that time. 

Namun, sejak negara api menyerang... (weeeyyy udah kaya opening Avatar: The Last Air bender aja dah 😆) gak ding. Sejak (katanya) ada perubahan manajemen di pusat, dengan berat hati team daily event gw harus dibubarin. Harusnya sih gw kena depak alias kena PHK juga tuh (padahal baru kerja 6 bulan setelah nunggu 1 taun sampe bisa dapet kerjaan😓) tapi karena ada bos yang kesian sama gw dan temen gw, solusinya kita berdua ditransfer ke anak perusahaan lain yang masih satu grup dan ditempatin didivisi yang bedaaa banget sama divisi gw sebelumnya. Disitu kita kerja kalo ada request untuk nyari data tertentu dari orang-orang pusat. Kalo mereka lagi gak perlu datanya, yowes gabut alias gaji buta. Padahal sebelumnya selalu ada kerjaan yang ngantri minta diberesin nah waktu itu sampe bengong mau ngapain saking bingungnya hahaha. Awalnya sih enak. Balik tenggo terus. Youtube-an mulu. Tapi kok lama-lama gw ngerasa kaya lagi diusir secara halus yaaa... 😔 mana lagi temen gw yang barengan itu dia udah resign duluan. I feel so lonely banget. Yaudah deh gw akhirnya mulai nulis di blog pas lagi gak ada request data. Daripada bengong depan komputer kantor kan ? ya mendingan lah 'keliatannya' produktif padahal sih..... 😆 dan sandiwara itu hanya bertahan 3 bulan. Capek sendiri gw gabut mulu. Akhirnya resign lah gw dan lanjut nulis di rumah sebagai fresh-graduate lagi (bahasa kasarnya: PENGANGGURAN😋).

Waktu itu gw nulis tentang pengalaman jatuh bangun terguling-guling terseok-seok  nyari kerja selama setahun itu (asli ini. Gw lulusan UGM dengan IPK kinclong aja susah bener nyari perusahaan yang mau sama gw gara-gara gw lulusan jurusan minoritas hiks. Sedih😭). Terus lanjut gw nulis soal review skin care sama kue-kue artis (dulu booming banget kan tuh ya, sekarang sih ah udah bosyen). Sayangnya blog gw brenti tengah jalan karena gw sibuk ngurusin persiapan lamaran dan nikah gw.


Laluuu... setelah gw menikah, gw memutuskan untuk full time ngurusin rumah dan ikut merantau sama suami. Awalnya gw happy-happy aja tuh. Gw kalo siang selalu nonton drama Korea atau gak youtube-an atau gak nonton TV sampe gw pernah pada tahap kecanduan acara Morning Morning Definitely Seneng (YKWIM kan?)  yang suka ngomongin artis itu. Tapi kok lama-lama gw kaya wasting time gak berguna ya ? 😣 Gw harus nyari kegiatan yang seenggaknya bikin otak gw jalan! Sedikit-sedikit gw nyari hobi kaya ngerajut atau ngelukis pake cat air.




Hasil rajutan dan lukisan cat air gw

Terus kepikiran untuk balik nulis blog lagi untuk ngisi waktu luang siang-siang. Tapi bingung mau nulis tema apa. Akhirnya gw kepikiran untuk nulis blog yang isinya review-review film (dan sekarang nambah segmen baru Nike's POV sebagai isi curcol gw)

Naah, kalo awalnya gw nulis blog hanya untuk ngisi waktu luang, sekarang gw menulis blog untuk mengasah kemampuan gw berpikir logis lewat tulisan. Ya secara kan kalo udah jadi IRT otak rada minim dipakenya yaaa selain mikirin kenaikan harga sayur, ikan, daging, telur dan teman-temannya, lama-lama otak gw berkarat dah ini 😂 otak gw harus punya regular work out. Harus dipake mikir terus. Nah nulis juga ternyata pake mikir loh. Gak asal ketik ini itu. Perlu riset dan baca sana sini dulu untuk menghasilkan sebuah tulisan yang bisa diambil manfaatnya. Apalagi 4 tahun gw dididik untuk berpikir ilmiah mulai dari bikin latar belakang, abis itu mengkonstruksikan hipotesa, abis itu ngerancang metode, abis itu bikin pembahasan berdasarkan analisa dan teori baru abis itu menarik kesimpulan.

Ohiya ada lagi. Gw nulis blog juga karena gw suka membagi isi kepala gw. Gw suka berbagi pandangan sama orang lain. Sejak menikah, gw selalu cerita banyak hal (yang kadang lanjut jadi debat kusir hihi) sama suami sepulang dia dari kantor. Mulai dari hal-hal receh, isu sosial sampe politik juga pernah gw bahas sama suami. Terus gw ngerasa kok kayaknya gw juga perlu berbagi sama orang lain yaa...untuk nambah wawasan gw gitu. Tapi kalo berbagi lewat lisan, lidah gw suka belibet kadang suka kaku susah ngeluarin kata-kata. Kayak kebanyakan pertimbangan sebelum gw ngomong (kalo sama suami sih ceplas ceplos aja langsung hihi). Akhirnya gw disini deh. Nulis blog. 😊 sebagai jalur sharing gw. Abis kalo di Twitter gw terbatas sama karakter sih.

Manfaat Menulis Blog?

🌸Lebih kritis

In general, untuk nulis suatu topik gw kan harus riset sana sini juga yaa jadi harus banyak baca, nah pas baca-baca inilah gw sering banget menemukan pertanyaan lain untuk pertanyaan utama gw. Lagi enak-enak baca artikel buat bahan nulis/blog walking buat inspirasi eh muncul istilah baru, penasaran artinya apa, akhirnya cari tau lebih lanjut sampe akhirnya "oooh...jadi maksudnya tuh gini" Lumayan kan buat nambah-nambah ilmu 😃

Ilmu kan ada dimana-mana. Gak harus belajar di sekolah dulu

Buat gw menemukan sendiri jawaban dari pertanyaan gw adalah sebuah kepuasaan

Terus kan fokus blog gw ini tentang review film ya. Otomatis sejak berusaha komitmen disini gw ngerasa lebih bawel sama film. Tiap gw nonton film, sering jadi banget komentarin filmnya. Mulai dari cerita, kualitas gambar, musiknya bahkan sampe baju yang dipake tiap karakternya gw bawelin dah tuh hahah udah kaya sok paling ngerti aja padahal ya emang dasar emak-emak aja sih kan ya suka komentar 😁 dan gw juga jadi lebih pay more attention on film-stuff! kayak mantengin tanggal rilis film baru atau update seputar aktor-aktris dari film-film yang gw tunggu sama mantengin promo diskon tiket nonton bioskop hihi~

🌸Lebih Ekspresif

Gw ini orangnya introvert. Susah banget untuk mulai ngobrol sama orang-orang. Tapi sebenernya gw ini doyan cerita. Cuma gw lebih suka cerita lewat tulisan heheh gak tau kenapa. Rasanya gw lebih gampang mengungkapkan emosi gw lewat tulisan. Kalo lewat lisan gw ngerasa bingung. Ini kalo gw mau ngomong xxxx ekspresi mukanya harus gimana ya...kalo ekspresi gw yyyy ntar dia kesinggung gak ya. Nah salah satu jalan ekpresi gw adalah lewat blog. Kan asik bisa ngoceh sesuka hati tanpa perlu ngerasa gak enak sama orang 😁

 🌸Gak kelamaan sama sosmed lagi (kecuali Twitter)

Nah ini nih biasanya penyakit kebanyakan para kaum hawa. Kebanyakan ngintip hidup orang lain lewat sosmed (Instagram). Terus baper. Terus overthinking. Terus mikir yang enggak-enggak. Terus ujung-ujungnya apa ? Jadi gak bersyukur sama kehidupan yang sekarang. Gw salah satunya. 

Pernah kan ngerasa gitu ? Hayooo ngaku 😁

Dengan sibuknya gw nulis blog, ngedit, belum harus riset sana-sini buat bahan tulisan, belum blog walking juga...seenggaknya 3-4 jam waktu gw yang sebelumnya bolak balik Instagram-Twitter-Facebook sekarang udah berpindah ke dashboard blog 😊 Lumayan. Agak produktif dikit lah ya hihi dan jadi gak gampang bandingin hidup sama orang lain karena udah jarang intip-intip tetangga~

Duh tapi kalo scroll Twitter masih susah dihindari sih. Apalagi di Twitter banyak thread-thread yang bermanfaat sekaligus lucu! Itung-itung buat penyegaran aja boleh kali ya

Oh ada lagi! Nulis Blog juga mengurangi kecenderungan nafsu belanja online. Soalnya gw kadang-kadang kalo lagi gak ada kerjaan suka tiba-tiba khilaf, tau-tau udah ATC barang-barang di marketplace. Tau-tau beli aja. Baru sadar setelah transfer. Yah begitulah wanita~
"Apa yang sudah kulakukan ya Allah?! Ngapain belanja online padahal gak butuh ?! Hampura istrimu ini aa 🙏"

🌸Lebih ter-organize

Awal-awal gw nulis itu se-niatnya aja 😆 suka asal ketik aja apa yang ada dikepala. Tapi terus gw ngerasa tulisan gw ini berantakan. Gak jelas arah dan bentuknya. Akhirnya bikin meaningless. Heeemmmm. Ngerasa ada yang kurang, gw coba-coba deh baca gimana sih cara nulis yang bener...gimana sih membentuk kerangka tulisan...komponen apa aja sih yang harus ada dalam review film... dan jreeenggg.. barulah gw nemu patokan-patokan dalam menulis. Apalagi nulis review film. Dari situ lah gw mulai terlatih untuk lebih mengorganisasi tulisan gw. Mulai dari pembukaan, isi sampe konklusi.

Selain dari struktur tulisan, gw juga ngerasa lebih ter-organize dari segi waktu. Gw belajar bikin jadwal nulis yang disesuaikan sama kesibukan gw sebagai IRT. Kuncinya cuma 1: disiplin. Mungkin awalnya rada susah sih, tapi lama-lama bisa terbiasa juga. Supaya hobi tetep jalan tapi kerjaan rumah juga beres.

Kan gak lucu ya, kita anteng nulis blog etapi cucian baju numpuk dibiarin aja. Setrikaan menggunung dibiarin aja. Masak cuma seadanya doang. Yakaliiii 😅 *kecuali ada ART, itu beda cerita*

🌻🌻🌻🌻🌻

Kalo temen-temen, kenapa sih suka nulis ? dan manfaat apa aja yang dirasain ?
Share lewat comment yaaa 😀

💗Salam Hangat,

Dari yang baru nulis blog

8 comments:

  1. Astagaa.. Aku kaya baca pikiranku sendiri ini. Aku juga ipk cumlaude tapi nhari kerja susah, akhirnya ikut suami merantau, ga ngapa2in di rumah doank akhirnya kena depresi, wkwkw, terus kepikiran nulis krn aku ga lihai sosialiasi alias introvert.

    Bener banget pas nulis itu kita terlatih kritis karena kudu riset kan, terus ngurangi skrol2 di medsos *wkwkwk, pokoknya berass lah lebih berfaedah pas nge-blog ya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jama sekarang nyari kerja udah kaya nyari peniti dalam tumpukan jarum :")))) saya suka ngerasa gimana gitu kalo ada orang yang ngeluh mulu sama kerjaannya. Belum ngerasain aja gimana tekanan sosial kalo sarjana tapi gak kerja.

      Iya mbak. Jadi gak gampang baper sama idup orang hihi

      Terima kasih sudah berkunjung dan kasih komentarnya :)

      Delete
  2. Heheheh..
    Maafkan kalau saya ingin berkata "senang mendengar ada orang yang nganggur setahun sebelum dapat kerja"
    wkwkwkw.. maap yaaaa...maafkan :D

    Karena kita samaaaa... huhuhu...

    Masih mending, mba nya nunggu setahun langsung dapat kerja yang asyik.

    Lah saya dapatnya yang sungguh bikin makin nyesek.
    Tapi semacam jembatan ke pekerjaan yang lebih baik sih, Alhamdulillah :)

    Semangat terus ngeblog nya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Segala sesuatu emang pasti ada alasan dibelakangnya ya. Allah pasti selalu kasih yang terbaik buat kita, cuma kadang kita suka lama nyadarnya heheh

      Siap mbaaakkk ^^ semoga bisa konsisten nih

      Delete
  3. Whoa, ketemu rekan satu alumnus. Mari kita ber-Hymne dulu sejenak.
    "Bagi kami almamater ku berjanji setiaaa..." (hayo masih ingat gak?!) :)

    Tos bagi sesama lulusan UGM dengan IP kinclong tapi delay dapet kerjaan :D
    Walau akhirnya saya saat ini statusnya karyawan tetap slash blogger slash main podcast, hihihi
    Semangat mba! Keren banget lukisan watercolor dan crochetnya (y)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lagu yang didenger pas ospek dan wisuda :") Yampuunnnn

      Salam kenal mbak Annisa!
      Dulu di fakultas mana ?
      Saya anak Biologi hihi

      Delete
    2. hahaha saya sih kadang masih iseng nyanyi hymne itu :D

      salam kenal juga mba Nike! saya dulu diploma Bahasa Inggris :)

      Delete
    3. Lagunya bikin merinding plus terharu yaaakk
      wiiiii anak bahasa :D itu kampusnya di sekitar GSP bukan ?

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin