Follow Us @soratemplates

Monday 26 November 2018

[BPN 30 Day Blog Challenge] Day 7: 5 rekomendasi tempat makan a la anak kosan di Jogja

Assalamualaikum! Annyeong~

Sumber: foodieoncampus.com

Alhamdulillah!!! Week pertama dari #BPN 30 Day Blog Challenge sudah gw lewati dengan...lumayan. Rasanya kaya lagi punya PR yang gak ada abis-abisnya 😁 Soalnya dari day 1-7 ini ada satu topik yang lumayan bikin gw pusing padahal buat orang-orang mah keciiiillll... topik apakah itu ? topik soal sosial media 👉 [BPN 30 Day Blog Challenge] Day 5: Instagram yang dulu bukanlah yang sekarang Kenapa gw bilang susah ? karena pembahasannya akan terlalu luas buat gw jadi gw susah untuk nentuin sesuatu yang beda yang bisa gw angkat. Ditambah gw sok-sok-an ngikutin gaya tulisan orang lain. Akhirnya ya selama nulis itu jadi misuh-misuh (kesel) sendiri.
Just be yourself aja
biar gak puyeng 😆
Terus kemaren pas nulis [BPN 30 Day Blog Challenge] Day 6: Fact about me - unpopular opinion gw tadinya mau skip aja, mau gw selesein hari ini rencananya. Tapiii sama si aa gak boleh, harus selese hari itu dan langsung submit. Udah kaya PR anak sekolahan ke gurunya kan ? 😅 

Bener ya, challenge tuh menantang diri sendiri

Okeeee, back to the topic. Jadi hari ini temanya adalah 5 rekomendasi dan review restoran/tempat makan 😅 Waduh... topik yang susah nih buat gw karena gw suka lupa foto-fotoin makanan kalo lagi makan diluar karena keburu laper duluan, pas udah mau abis baru inget belum difoto. Untungnya gw  gak lupa foto-foto makanan di tempat makanan favorit jaman kuliah dulu pas September lalu ke Jogja buat reunian. Berikut 5 rekomendasi tempat makan a la anak kos di Jogja versi Nike 😁

Waroeng SS 

Alamat: jl Pogungrejo no No.414, Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284. Direction di Google Maps: Waroeng SS Pandega
Website: waroengss.com 
Range Harga: Rp. 1000 - Rp. 15.000
Menu andalan: Berbagai macam sambal
Review
Duh gw tuh kalo inget SS bawaanya laper mulu. Celakanya di Karawang gak ada SS 😭 paling deket ada di Depok atau Cirebon dan kata temen gw yang udah nyobain, katanya emang SS Jogja (apalagi yang di Pandega) paling mantul! Waroeng SS di Jogja banyak banget cabangnya. Tapi gw lebih suka  yang di Pandega karena deket kos gw di Jakal Bawah (Jalan Kaliurang). Gak heran sih SS Pandega selalu rame karena lokasinya yang srategis ada disekitar kampus UGM dan kos-kosan dan pengunjung SS Pandega gak segan-segan untuk jadi waiting list disini karena enak, menunya banyak dan MURAH BANGET!!!! Apalagi pas jam buka puasa, waduh kudu dateng sebelum jam 5 sore kalo mau dapet tempat. Ya antara jam 3-4an lah seenggaknya harus udah book tempat.

Gw dulu jaman kuliah kalo mau makan rada enak, kenyang tapi gak keluar duit banyak ya makan di SS. Makan Rp. 20000 udah kenyang. Dengan duit segitu gw udah bisa dapet nasi (bisa nambah sesuka hati), cah kangkung, jamur crispy, sambel cumi, es teh manis dan buah semangka potong. Bahagia banget deh! Walaupun cuminya cuma beberapa potong doang. 

P.s. gw suka bingung antara cah dan tumis di SS ini karena gw suka yang kuahnya bening itu tapi ada juga yang kuahnya agak kental dan pake terasi. Nah siapakah yang tumis siapa yang cah ? gw pasti akan tanya mas/mbak pelayannya dulu sebelum order.

Pecinta sambal
Sumber: Dokumentasi pribadi
Telor gobal gabul, sambel udang, cah kangkung, cah toge dan sambel cumi
Sumber: dokumentasi pribadi
my 💗 sambel cumi
Sumber: dokumentasi pribadi

Pas reuni kemaren, gw sama temen-temen kalap! Main pesen-pesen aja dengan dalih "kan mumpung ke Jogja~" 😆 Gw pesen es teh manis, telor gobal-gabul, jamur crispy, cah toge ikan jambal, buah potong, cah kangkung dan yang tidak lupa adalah cintaku si sambel cumi. Totalnya gak sampe Rp. 40000. Gimana rasanya ? Janan ditanya enaknya segimana.


Sumber: waroengss.com
Telor gobal gabul SS itu sebenernya telor dadar dengan potongan cabe dan bawang. Mereka gak pelit kok, telornya tebel. Terus digoreng dengan minyak yang pas jadi gak terlalu basah. Jamur crispynya renyah tapi kadang suka terlalu basah gara-gara kurang lama ditiriskan dari minyak (biar disajikan anget-anget kali ya makanya masih rada basah gitu). Cah Kangkungnya agak pedes, seger dan tingkat kematangan kangkungnya pas, bagian daunnya lembut tapi batangnya masih renyah. Cah toge ikan jambalnya nya seger-seger asin gimana gitu tapi togenya tetep renyah (nulis ini sambil nelen ludah 😦). Sambel cuminya ya Allah pengen nangis saking enaknya 😭 kematangan cuminya pas banget. Rasanya gurih dan asinnya pas buat mulut gw dan yang pasti pedes bangettttt. Oiya buat sambelnya bisa request tingkat kepedesannya kok. Temen gw ada yang pesen sambel udang tapi gak pedes (?) 😂 Menurut pengamatan gw sih, sambelnya ini made by order karena masih kerasa anget-anget gitu piring sajinya hihi Jadi terjamin kesegaran makanannya!

Kalo dari segi tempat sih emang kurang soalnya agak sempit dan gak children friendly sama tempat parkirnya sempit. Tapi bagusnya adalah bisa milih mau yang smoking atau non-smoking dan walaupun kecil, mereka punya tempat sholat sendiri. Hal lain yang bikin SS Pandega selalu dihati adalah pelayanannya yang 👍! Buat yang jadi waiting list atau take away, mereka punya tempat antri dan nunggu khusus biar gak saling serobot. Sementara untuk dine in, ya wajar sih kalo nunggu agak lama (tapi masih wajar banget kok) karena kan emang semuanya made by order gitu jadi sabar aja. Pramusajinyaa ramah. Smile everywhere. Selalu senyum pas nganterin pesenan kita dan selalu nanya "menunya udah dianter semua apa belum" dan "rasa makanannya udah pas atau ada yang mau diganti ?"

Pokoknya kalo ke Jogja wajib makan di SS! Enak, murah dan pelayanan ramah.

Aneka Soto dan Sop Pak Nanto

Alamat: Jl. Selokan Mataram, Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284. Direction di Google Maps: Aneka Soto dan Sop Pak Nanto
Website: -
Range Harga: Rp. 3000 - Rp. 10.000-an
Menu andalan: Soto Ayam dan Soto Daging
Review
Aneka Soto dan Sop Pak Nanto (Soto Pak  Nanto) masuk top list tempat sarapan anak-anak kosan sekitar Pogung dan Jakal sekalian berangkat kuliah pagi kaya gw dulu. Makanya Soto Pak Nanto ini rame banget antara jam 7-9 pagi, yang dateng gak cuma 1-2 orang. Tapi segerombolan.
Sebenernya menu yang disajikan disini gak cuma soto aja, tapi ada sop juga. Tapi gw belum sempet nyobain sopnya karena udah terlalu jatuh cinta sama sotonya. Mau soto ayam kek soto daging (sapi) kek. Semua enaaaaak~

Kemaren itu gw pesen soto daging+nasi, pake 1 sate usus (gak kefoto) dan es teh manis cuma abis Rp. 14.500 😁 Nah dalam satu mangkok soto, isinya nasi, kuah, toge, potongan kol, tomat, tahu goreng dan daun seledri terus dikasih irisan daging diatasnya. Rasanya suegeeeerrrrrr!  Apalagi ditambah sedikit perasan jeruk nipis dan sambel. Waduuuh... (nelen ludah lagi) 👍 Sebagai pelengkap, disediain tempe goreng yang katanya super kriuk (gw gak suka jadi gak pernah nyobain), sate usus dan sete jeroan yang rasanya lebih ke manis dan ada juga kerupuk.

Soto daging
Sumber: dokumentasi pribadi
Lokasinya pas banget di pinggir Selokan Mataram (ini tuh selokan yang mirip sungai kecil) apalagi jalanan di Pogung Kidul tuh sempit jadi susah untuk yang pake mobil. Kalo bawa motor sih bisa tapi kadang kalo lagi ruameeee banget, suka gak dapet parkiran. Tapi ada tukang parkir yang bertanggung jawab (bukan yang tiba-tiba muncul pas kita mau caw) kok walaupun kita belum dapet parkir ntar pasti motor kita dipindahin ke lokasi yang proper. Tempatnya kedai semi terbuka gitu dan kadang suka ada yang ngerokok sembarangan jadi rada gak children friendly. Buat pelayanan, hmmm...standar aja sih. Tapi bapak yang jaga kasirnya humoris 😂

Loempia Boom Pogung

Alamat: Jl. Selokan Mataram, Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55284. Direction di Google Maps: Loempia Boom
Range Harga: Rp. 3000 - Rp. 15000-an
Menu andalan: Lompia Boom
Review:
Sebenernya Loempia Boom tuh apasih ? Jadi Loempia Boom adalah lumpia dengan ukuran besar. Sama kaya lumpia pada umumnya yang pake isian sayur berupa wortel, telur dan tambahan daging (bisa ayam, sosis, bakso) cuma beda ukuran aja.

loempia boom
Sumbernya: instagram.com/loempiaboom

Rainbow squash
Sumbernya: instagram.com/loempiaboom
Nah pas kemaren gw ke Loempia Boom sama temen-temen, gw gak sempet foto-fotoin makananya karena udah capek (terus jadi pada sensi bete gak jelas) abis foto-foto sama mas fotografer buat acara kelulusan salah satu temen gw 😅 maklum yak, namanya juga wanita gampang betenya hihi. Menu yang biasa gw pesen disini adalah Loempia Boom Bakso sama Rainbow squash yang totalnya gak sampe Rp. 20000. Asik yeee di Jogja banyak tempat makan enakkkk dan muraah... Seporsi nasi+loempia boom biasanya disajiin dengan tambahan lalapan, taburan kremesan dan sambel terasi yang pedes banget dengan sedikit manis (nelen ludah lagiiiii). Dari segi porsi sih udah bikin kenyang bangettttt dan tenang aja lumpia disini digoreng kering jadi rasanya kriuk diluar dan krenyes-krenyes didalam karena dominasi wortel. Buat minumnya, disini beragam. Dari jus sampe milkshake. Tapi favorit gw adalah series squash-nya (Ada rainbow squash, mix berry dan ocean blue). Mereka adalah soda biru yang dicampur sirup strawberry (mix berry) atau sirup mangga (ocean blue) atau campuran keduanya untuk (rainbow squash). Kenapa gw suka karena gw gak merasakan perut kembung setelah minum soda soalnya gw gak tahan sama efek soda yang bikin mules. Menu lain yang bisa gw rekomendasiin disini adalah Zuper Mendoan (tempe mendoan ukuran gedeee dengan sambel terasi), nasi goreng Seafood dan cah kangkung. Sayang seribu sayang... lokasi Loempia Boom di Pogung ini agak masuk heheh buat yang naik motor sih boleh lah tapi buat yang naik mobil rada PR juga buat masuk sini tapi tenang...ada parkiran yang cukup dibagian belakang. Dari 5 tempat yang gw rekomendasiin, Loempia Boom ini tempatnya yang paling oke. Kalo dilantai atasnya buat yang mau makan pake kursi dengan view gedung apartement 😞 (dulu viewnya masih hamparan sawah) dan kalo lantai bawahnya buat yang mau makan lesehan.

Toetoeng


Alamat: Pogung Baru No.E30A, Pogung Kidul, Sinduadi, Mlati, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Direction di Google Maps: Toetoeng
Website: -
Range Harga: Rp. 1000 - Rp. 15000-an
Menu andalan: Spesial Mix Mentega
Review:
Masih dari area Pogung yang buanyaakkk banget tempat makan enak a la anak kosan, gw mau rekomendasiin Toetoeng yang baru gw tau sekitar setahunan sebelum lulus kuliah tahun 2015. Tempatnya kaya sebagian bagian rumah yang dirubah jadi warung makan jadi gak terlalu mencolok. Buat lokasi parkir motor sih ya cukup. Buat mobil juga bisa lah 2-3 mobil parkir pinggir jalannya karena ini jalanan perumahan yang gak terlalu rame.

Sumbernya thinkaboutthing.wordpress.com
Sumbernya thinkaboutthing.wordpress.com


Spesial Mix mentega
Sumber: kulineranbarenglala.blogspot.com

Sumbernya foody.id
Niat hati mau makan di Toetoengnya langsung, tapi apa daya karena gw dan kawan-kawan harus ngejar kereta. Tapi untungnya kita masih sempet bungkus buat makan di stasiun 😁 Menu disini buanyak banget. Mulai dari ayam, udang, cumi sampe campuran dari ketiganya pun ada dengan bumbu andalannya: saos mentaga, kecapcoy dan koloke. Saos mentega rasanya lebih gurih, kecapcoy lebih manis dan koloke itu saos merah asam manis. Semuanya enak tapi karena gw rada gak suka makanan manis, jadi kalo makan disini gw lebih prefer menu spesial mix mentega. Seporsi spesial mix mentega isinya ada udang, ayam dan cumi yang digoreng dengan balutan tepung lalu dimasak dengan saos mentega terus ada sambel dan sayuran (biasanya tumis toge atau tumis sawi). Rasa daging ayam, udang dan cuminya pas. Proporsi antara tepung dan dagingnya juga masuk akal enggak yang tepungnya banyak tapi dagingnya seupil 😅 Toetoeng nih rame banget kalo pagi sama sore dan didominasi sama anak-anak kosan karena walaupun lokasinya didaerah kaya perumahan, tapi tetep rame karena jadi salah satu jalur penghubung antara daerah kampus dan Pandega yang banyak tempat makannya. Cuma nih ya kalo makan Toetoeng tapi dibungkus, porsinya jadi porsi bayi 😆 Sedih liatnya huhu

Burjo Putra Cimindi

Alamat: Gang Wuni, Manggung, Caturtunggal, Kec. Depok, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Direction di Google Maps: Burjo Putra Cimindi
Website: -
Range Harga: Rp. 1000 - Rp. 10.000-an
Menu andalan: Mie Dok-dok, Magelangan, Nasi telor
Review:
Salah satu motivasi gw untuk selalu kangen Jogja adalah karena cuma disana gw bisa nemuin warung Burjo. Burjo tuh apaan sih ? Burjo adalah warmindo (warung makan Indomie) yang gak cuma jual mie rebus dan mie goreng aja. Ada bubur ketan dan kacang ijo, nasi telor, aneka gorengan dan yang paling bikin beda Burjo dengan warmindo ditempat main adalah adanya MIE DOK-DOK dan MAGELANGAN. Magelangan itu sebenernya nasi+mie goreng goreng sementara Mie Dok-dok itu mie rebus pake sayur, telor dan bumbu rahasia. 

Nasi Telor Burjo dan Es kopi Goodday
Mie Dok-Dok


Menu favorit gw di Burjo adalah tentu saja mie dok-dok yang puedessss. Enak banget nih apalagi kalo dimakan panas-panas pas musim ujan kaya gini (nelen ludah lagi). Gak tau kenapa, mie dok-dok aa Burjo itu gak pernah gagal buat mulut gw. Asin, gurih, pedesnya pas. Mie-nya gak benyek gak keras juga. Mantul!!!! Selama si aa burjo masak mie dok-dok, gw peratiin terus dia masukin bumbu apa. Ternyata pake kuah sarden dong! pantesan kok rasanya beda yaaaa sama bikinan gw kalo di rumah 😅 Soal harga dijamin murah. Seporsi mie dok-dok sama es kopi good day gak sampe Rp.15000. Nah kalo temen gw pesen nasi telor. Sepiring NasTel (nasi telor) isinya selain nasi dan telor dadar pastinya, ada sayur/orek tempe dan sambel. Bisa request juga kalo mau tambah kuah sarden. Harganya gak sampe Rp.10000 (jaman gw kuliah sih seporsi nastel masih Rp.5000 😁).
Kalo tempat...yah namanya juga warung. Mirip warteg gitu tapi juga ada tempat masaknya jadi kita sekalian bisa liat live cooking aa burjo.

Fun fact: Semua Burjo yang ada di Jogja itu katanya punya orang Kuningan Jawa Barat dan ada komunitasnya, that's why yang jaga Burjo dipanggil "aa" buat cowok kalo cewek dipanggil "teteh". Pernah suatu hari pas gw lagi antri isi bensi motor (motor gw plat E) di pom bensin Jakal Bawah yang sebelah Pizza Hut, ada bapak-bapak rese yang manggil-manggil gw "Neng burjo ya neng" 😒😒😒😒 yakali paaaakkk.... gara-gara plat motor gw (plat E itu buat wilayah Indramayu, Cirebon, Majalengka dan Kuningan) jadi dikira neng-neng burjo. wkwkwkw

🌻🌻🌻🌻🌻

Gimana ? ada yang laper setelah baca tulisan gw ?
Share lewat comment yaaa 😀

💗Salam Hangat and have a good day,

Dari yang baru nulis blog

No comments:

Post a Comment

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin