Follow Us @soratemplates

Friday 30 November 2018

[BPN 30 Day Blog Challenge] Day 11: Buku-Buku Koleksi di Rumah

Assalamualaikum! Annyeong~


Kalo ditanya barang-barang apa yang jadi koleksi...hmmm gw bingung pemirsah 😅 Soalnya gw bukan orang yang interest banget sama sesuatu gitu. Iya gw suka sama banyak hal. Gw suka timnas sepak bola Jerman (dulu, sebelum skandal keluarnya Mesut Ozil pasca World Cup 2018). Gw suka Doraemon. Gw suka warna biru. Gw suka 2PM, GOT7, TWICE. Tapi ya udah, sekedar suka aja gak yang sampe bela-belain beli ini itu yang serba kesukaan gw. Enggak. Biasa aja. 

Tapi kalo suatu barang disebut barang koleksi kalo misal itu barang bikin gw posesif abis gak rela kalo sampe kenapa-kenapa, nah baru deh gw punya barang koleksi: BUKU.

Novel pertama yang gw punya adalah Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata. Dikasih sepupu gw waktu gw SMP. Waktu itu gw baca-nya masih sleboran dan bodo amat orang novel dikasih ini 😆 sampe novel setebel itu kebelah 2 udah kaya roti tawar dan lembaran-lembarannya pada lepas. Kalo liat kondisi bukunya sekarang gw jadi sedih sendiri huhuhu. Hampir tak berbentuk!
Terus pas awal-awal pacaran jaman SMA kelas 11, gw dikasih kado sama si aa novelnya Stephenie Mayer yang New Moon. Mulai deh gw suka sama kisah percintaan fiksi Bella Swan dan Edward Cullen ini, apalagi baca pas masih teenager gitu kan lagi demen-demennya ngayal hahah. Gak cukup dengan New Moon, gw juga beli series lainnya: Twilight, Eclipse, Breaking Dawn dan The Short Second Life of Bree Taner sampe The Host.
Allah itu adil dan maha pemberi pelajaran terbaik buat kita
Ada temen sekelas yang pinjem salah satu novel Stepenie Meyer gw yang Eclipse. Pas gw pinjemin, itu buku mulus banget soalnya gw bacanya ati-ati banget jangan sampe ketindihan pas bukunya kebuka biar gak kebelah kaya Laskar Pelangi gw. Eh pas dia balikin ke gw, BUKUNYA KEBELAH DUA!!!! (baru gw cek pas udah d rumah). Pengen gw maki-maki dah tuh bocah. Tapi gak berani heheh...dia temennya banyak soalnya 😥 Asli lah ya seenaknya aja mentang-mentang minjem.

Kena batunya deh gw 😔 Makanya kalo dikasih sesuatu sama orang tuh dijaga!

Sejak saat itu gw gak pernah pinjemin buku gw ke orang-orang yg gw gak tau tabiatnya gimana.

Self improvement 
Buku-buku aspal gw selain Inferno-nya Dan Brown
Stephenie Mayer's Corner
Local's corner
Buku yang ada di rumah
Buku yang ada di kosan
Sebenernya gw bukan orang yang tiap bulan harus beli buku gitu. Tapi gw orang yang kalo udah suka sama 1 bukunya seseorang, gw wajib punya semua bukunya. Kaya gw dibikin jatuh hati sama tulisannya Ika Natasha lewat A Very Yuppy Wedding dan Hanum Salsabiela Rais lewat 99 Cahaya di Langit Eropa.

Kenapa gak ada buku komik diantara koleksi gw ? Karena dulu gw kalo keliatan baca komik dianggepnya males dan selalu dikomentarin "baca komik mulu, mending belajar". Yhaaa daripada diomelin, mending gak usah baca apalagi sampe ngumpulin komik dirumah 😅 
Kalo seriesnya Harry Potter... gw kaga mampu belinya waktu itu hehehe soalnya buku-buku yang gw punya itu kalo gak dikasih sepupu, minjem (tapi gak dibalikin wkwk) dari sepupu, dikasih temen... ya beli pake duit jajan gw.

Ngomong-ngomong soal buku, gw pernah ya ketipu beli buku online. 
Waktu itu masih blo'on soal online shop. Liat ada novel harganya cuma 30rebuan gw langsung kalap. Langsung gw sikat tanpa nanya kondisi bukunya kaya gimana...buku bekas apa ori. Pas bukunya sampe, gw baru sadar gw beli buku aspal alias buku bajakan yang kertasnya aja pake kertas burem. Nyesek! Bego amat ya gw nih, yakali novelnya Hanum Salsabiela Rais (kondisi baru) dijual 30rebuan 😑 mana adaaaaa... Sejak saat itu gw jadi lebih selektif kalo beli buku via online. Harus baca deskripsi yang teliti dan nanya kalo ada yang gak dicantumin.

Dari buku-buku gw difoto diatas, kalo gw bikin award 🏆:
  • Buku pertama yang gw beli sendiri: Twilight- Stephenie Meyer ==> kuingat receh demi receh yang gw kumpulin dari sisaan duit jatah bensi motor
  • Buku yang paling bikin pusing: Kisah Sukses Bisnis Barbie - Robin Gerber ==> kenapa materi-materi yang berhubungan sama ekonomi gw selalu gagal paham? apa karena dulu jaman SMA gw pernah ngulang ulangan harian Ekonomi sehari 2x sekaligus tapi tetep nilainya dibawah rata-rata?!
  • Buku yang paling menggugah pikiran: Darimana Manusia Berasal antara Sains, Bible dan Alquran - Dr. Maurice Bucallie ==> pas banget sama gw yang juga belajar di Biologi soal proses pembentukan dan perkembangan manusia dari zigot sampe jadi orang gede
  • Buku yang paling bikin halu: Twivortiare dan Twivortiare 2 - Ika Natasha ==> Beno-Lexy pasangan paling bikin baper sejagad Ika Natasha
  • Buku yang lagi belum kelar dibaca: Bebas Takut Hamil dan Melahirkan - Yesie Aprillia ==> lupa mulu kalo mau baca ini buku
  • Buku yang gak selese dibaca: Musa versus Firaun - Musa wa Harun Qishash Al-Anbiya wa At-Tarikh dan Qishash Al-Anbiya, Ibrahim Bapak Semua Agama ==> bahasanya muter-muter gitu, kubingung jadinya :( apa karena ini buku terjemahan kali ya ?
Kalo barang lain-lain kaya tas, sepatu, kerudung...gw gak ngoleksi, cuma sekedar punya aja. Tapi kalo buku, gw berusaha untuk nambah terus 😊 karena gw orang yang konvensional banget! udah jaman ebook masih aja demen baca buku fisik heheh laaah abis ebook bikin gw ngantuk malahan gimana dong ? 😝 

Segitu dulu ya cerita gw untuk challenge hari ke-11 ini. Yeayyy, 10 hari pertama: lulus! Masih ada 19 hari challenge lagi nih! SEMANGAT!!!

💗Salam hangat and have a good day💗
Dari yang baru nulis blog

8 comments:

  1. Buku memang menjadi barang koleksi kebanyakan orang, termasuk saya. Tipe orang yg suka beli buku bacanya entah kapan. Iya kalau sempet, kalau gak yaaa, ya udah numpuk aja. Kadang kesoksibukan bikin susah cari waktu buat baca buku. (Alibi) haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mbak Eri, salam kenal :)
      iyaa mbak benerrr, kadang kalo di toko buku beli buku ini itu tapi pas sampe rumah suka lupa akhirnya cuma numpuk doang gak kebaca-baca hahah

      Delete
  2. Hi mba Nike, sebelumnya selamat ya udah lulus di 10 hari pertama #BPN30DayBlogChallenge ! Soal mba yang lebih suka buku fisik, aku juga ngerasain hal yang sama kok. Selain ngantuk, kadang pusing kalau kelamaan nantap layar tapi kalau mikirin tempat penyimpanan yg ga ada jd kudu harus terbiasa haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mbak Rini ^^ hihi iya terima kasih mbakkk...bener-bener challenging ya full nulis tiap hari tuh...
      Benerrrr, ebook bikin pusing yaaa... novel Dilan aja saya gak kelar bacanya mbak gara-gara versi ebook padahal kata orang-orang bagus banget

      Delete
  3. halo mbak! ngakak aku bacain postinganmu ini... semacam berkaca pada diri sendiri. stay humble ya mbak. gapapa minjemin buku baik kok, asalkan ada term and conditionnya hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe alhamdulillah bisa menghibur :D iya mbaaak, sekarang kalo minjemin buku harus dikasih warning dulu nih untuk menjaga keutuhan aset hihi

      Delete
  4. saya suka banget bukunya Ika Natasha, iya ya bikin halu itu Twivortiare 1 & 2, ah kayaknya semuanya deh. Pinter banget mbak Ika bikin cerita romantis gitu tapi ilmu-ilmu yang disisipkannya banyak banget. dan saya belum pernah baca bukunya Danbrown- Dan Brwon dan sejenisnya itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tahun depan bukunya mbak Ika Natasha yang Antologi Rasa tayang di Bioskop loh mbak ^^ yang mainnya Herjunot Ali :D

      Kalo mbak suka buku scific, buku-bukunya Dan Brown pasti suka deh.

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin