Follow Us @soratemplates

Thursday 22 November 2018

[BPN 30 Day Blog Challenge] Day 3: Nama yang serba spontan (uhuuyyy~)

Assalamualaikum! Annyeong~

Nama adalah doa.

Menurut gw untuk dunia maya, nama bukan sekedar doa tapi juga branding dan pencitraan karena kan kalo di dunia maya, apalagi sosial media, kita gak sepenuhnya menunjukan diri kita kan. Jadi harus ada sesuatu yang ditonjolkan. Salah satunya ya lewat nama. Bisa username, nama domain dan nama blog. Cuma sayangnya gw baru menyadari hal tersebut pagi ini :"))))

Kapan itu ponakan gw pernah minta tolong dibuatin nama toko online buat dia jualan slime. Yaudah, gw kasih aja nama Capcipcup atau Alin Store (gabungan nama ponakan gw sama temennya). Eh dia kagak mau, katanya "gak mau ah te, namanya gak catchy. Pasaran" 😱 yampun! anak SD kelas 5 udah ngerti mana nama yang catchy mana yang B aja. Buset daaaaahhhh~

The Cranky One

Memilih nama blog adalah salah satu hal yang sulit dan krusial buat gw pas mau mulai ngeblog lagi. Karena gw ini orangnya kaku, gak tau trend, gak suka yang ribet-ribet dan biasa aja. Serius. Gw ini ordinary banget. Keliatan kan layout blog ini clean banget. Polosan putih aja, padahal sih karena gak ngerti cara ngutak-ngatiknya aja 😆 nunggu dikasih domain berbayar sama si aa gw tuh... katanya, "ntar kalo kamu udah bener-bener serius ngeblog baru aa kasih domain berbayar". 

Jadi si aa butuh pembuktian dari gw...baiqlah~
Lu jual gw beli hun! 💗
Yaaaa wajar sih si aa minta dibuktiin dulu, wong gw nih orangnya musiman (udah kaya buah aja yeee 😅) sebentar-sebentar suka ngerajut minta beli macem-macem benang. Sebentar-sebentar suka ngelukis pake cat air minta beli macem-macem kertas sama kuas. Baru sebulanan udah berenti terus ganti hobi lain. Capek deh heheh. Nah sekarang lagi hobi sama blog nih gw...semoga beneran gw seriusin yaaaa

Sama seperti sosial media, untuk mulai ngeblog kita harus daftar dulu dan bikin profil apa yang mau ditampilkan. Kalo untuk join sosial media, gw gak perlu mikir. Ah kecil 😁 It's automatically I will sign up for: 
NIKLOSEBELAS
It's my online username since 2011, at least

Niklosebelas ini asalnya dari NIKE (nama gw) dan KLOSE (nama pemain timnas sepak bola Jerman) dan SEBELAS (nomor punggung yang dipakai Klose). Yes! Gw adalah pendukung setia timnas sepak bola Jerman, setidaknya sampai sebelum Mezut Ozil hengkang dari timnas karena skandal rasis dan politik dalam DFB (PSSI-nya Jerman). Simsalabim, jadilah Niklosebelas untuk semua sosial media gw kaya twitter.com/niklosebelas dan instagram.com/niklosebelas sampe sekarang 😊 Boleh loh kalo mau follow-follow-an~

Sumbernya dari promiflash.de
Gw masih inget dulu ada yang ngirain gw cowok karena nama Niklosebelas dikiran plesetan dari nama Nikolas/Nico 😝

Terus pas gw lagi daftar blogger, gw bingung sendiri mau apa namanya. Soalnya gw pengen blog ini beda dari semua sosial media gw. Mana lagi pas daftar blog tuh malem-malem jadi gw gak sempet mikir lama-lama, keburu ngantuk soalnya heheh jadi yaudah lah THE CRANKY ONE aja mengingat gw (kayaknya) waktu itu lagi gampang ngomel-ngomel ke si aa 😆As simple as that. Biasa kan ya cewek tuh kalo udah mau menstruasi jadi super sensitif. Apa aja dikomentarin. 

Adekpunyacerita.com

Nama blog kelar. Sekarang domain 😑 hmmmm~ bingung lagi. Tadinya kan gw dibikinin blog sama si aa buat review film ya. Dia nyaranin domainnya ceritafilm.blogspot.com atau reviewfilm.blogspot.com biar domainnya sekalian menggambarkan isi blog. Terus gw gak mau 😆 soalnya gw punya feeling pasti gw akan nulis hal lain selain review film. Ternyata bener 😅 dikemudian hari gw bikin segmen Nike's POV kaaaan 

Lagi-lagi, gw dengan spontan (uhuuuy~), gw daftar dengan nama domain adekpunyacerita.blogspot.com karena blog ini mau gw pake untuk cerita. Ya cerita soal review film ya cerita soal pengalaman gw ya cerita gw soal opini. Pokoknya harus ada cerita-ceritanya deh. 

Waktu itu gw gak mikirin branding, gak mikirin ternyata nama blog, deskripsi dan domain juga penting untuk kualitas blog. Asal doang.😔 Setelah gw baca blog postnya mbak ewafebri.com tentang tips memilih nama blog, ternyata nama domain gw nih enggak banget! Karena kepanjangan dan gak catchy. Hiks. Padahal gw nih udah punya nama dan branding unik ya kan, NIKLOSEBELAS tuh tinggal dikembangin aja untuk nama domain.

Merasa domain yang enggak banget, gw buru-buru pengen ganti nama domain aja. Modal sok tau gw cus meluncur ke dashboard, pilih setting dan ganti alamat blog dengan pake Niklosebelas.


Hasilnya? SEBUAH KEBODOHAN di pagi hari!!! yang gw buat sendiri 😱


Sumpah gw langsung gemeteran takut banget blog yang udah susah payah gw naikin pageviews nya dari yang cuma belasan sakarang bisa 30an...keapus gitu aja! Bisa nangis guling-guling seharian nih. Terus gw rubah balik jadi adekpunyacerita.blogspot.com lagi dan alhamdulillah bisa balik :) Emang ya apa-apa tuh harus sama yang ahlinya huhu Yasudah lah, nunggu suami pulang kantor dulu untuk ganti nama domainnya. Biar keliatan lebih profesional heheh

Pelajaran berharga yang gw dapet pagi ini adalah:

  • Nama blog dan nama domain menentukan kualitas blog
  • Citra dan branding dibangun salah satunya lewat nama
  • Jangan sok tau kalo gak ngerti
Wellplayed, Nike! You've got new lesson today.


🌻🌻🌻🌻🌻

Kalo temen-temen, setuju sama gw kalo nama blog dan domain adalah branding dan pencitraan ? 
Share lewat comment yaaa 😀

💗Salam Hangat,

Dari yang baru nulis blog

3 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Tenang mbak, nama blog saya juga ga sama kok dengan semua akun sosmed wkwkwk
    yang penting bagaimana cara kita bisa mengembangkan blog ini wehehweh

    pilih nama emang agak tricky sih, semoga lancar ya mbak ngeblognya biar dibeliin domain sama aa'nya heheheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benerrr, susah sussah gampang buat bikin nama...pengen yang anti mainstream tapi yang gamapang diinget kaya nama mbak Ahalona lucuuukkkk, mirip sapaan orang Hawaii: Aloha :D

      Aamiin :D
      Iya nih mbak, PRnya banyak hehehe

      Delete

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin