Follow Us @soratemplates

Saturday 1 December 2018

[BPN 30 Day Blog Challenge] Day 12: Dari Tidur Sampe Cuci Tangan, Inilah Tips Sehat Versi Nike

Assalamualaikum! Annyeong~

Sehat itu mahal tapi sakit jauh lebih mahal
Bener banget.
Kesehatan adalah salah satu nikmat dari Allah yang kadang suka luput dari kesadaran kita. Suka kita abaikan karena saking terlalu fokusnya kita mambandingkan hidup dengan orang lain. Terlalu sibuk memusingkan hal-hal yang bahkan belum terjadi. Terlalu sibuk ngejar target ini itu biar dibilang keren sama orang-orang. Pernah kan ? Pasti pernah. Manusiawi.

Menurut gw, kesehatan adalah sesuatu yang harus jadi top priority kita apalagi kalo udah nikah dan berkeluarga. Terutama buat kita, para wanita, yang jadi motor penggerak  dan pengatur mood didalam rumah.
Sehat itu harus diperjuangkan dan dijadikan life style
Gw jadi inget dulu jaman masih gadis dan belum ngekos 😆 kalo pas emak gw sakit ntah mencret-mecret atau demam, yampun gw ngerasa rumah gw kacau, runyam, bete-in udah kaya kapal pecah karena semua kerjaan rumah dilimpahkan ke gw yang gak tau apa-apa 😰 terutama masakin buat bokap gw yang selera makanannya sama rewelnya kayak gw. Pengen skip hari itu aja rasanya wkwkwk 
Lah buat apa duit banyak tapi badan bobrok ? 
Terus gimana sih healthy life style versi gw ? 

💪Istirahat yang Cukup

Tidur adalah kunci dari kesehatan. Iyaaa banget, gw kalo kurang tidur berturut-turut (misal 3 hari) besokannya pasti gak enak badan berasa kaya abis dikeroyok gorila 😒 terus ujung-ujungnya pilek. Maka dari itu, maksimal jam 10 malem harus sudah tidur supaya gak telat sholat shubuhnya (?) hihi
Sumber: alexnld.com
Apakah semakin lama kita tidur, maka akan semakin baik ? Enggak dong, badan kita ini punya ritme sendiri loh, kalo kelamaan atau kurang tidur sudah pasti akan mengganggu ritme biologis alaminya. Menurut National Hearth, Lung dan Blood Institute (nhlbi.nih.gov), orang dewasa kaya kita-kita ini membutuhkan waktu tidur antara 7-8 jam per hari untuk mendapatkan manfaat dari tidur.

AgeRecommended Amount of Sleep
Infants aged 4-12 months12-16 hours a day (including naps)
Children aged 1-2 years11-14 hours a day (including naps)
Children aged 3-5 years10-13 hours a day (including naps)
Children aged 6-12 years9-12 hours a day
Teens aged 13-18 years8-10 hours a day
Adults aged 18 years or older7–8 hours a day
Manfaat apa yang kita dapet dari tidur yang cukup ? masih menurut National Hearth, Lung dan Blood Institute (nhlbi.nih.gov), beberapa manfaat tidur:
  • Menjaga fungsi otak dan kesehatan mental
  • Menjaga kesehatan fungsi tubuh 
  • Menjaga produktifitas dan keselamatan

Sejalan juga dengan hasil penelitian dari Division of Sleep Medicine at Harvard Medical School (healthysleep.med.harvard.edu) yang menyatakan bahwa kurang tidur (kurang 2-3 jam setiap malamnya) dapat mengakibatkan meningkatnya resiko masalah kesehatan yang serius, seperti:
  • Obesitas
  • Diabetes
  • Hipertensi dan maslah kardiovaskular
  • Fungsi imunitas

Cuma dengan tidur yang cukup aja bukan jadi jaminan kalo kita gak akan sakit, tapi seenggaknya dengan tidur yang cukup itu udah membantu untuk menjaga funsi vital tubuh loh
Jadi...masih mau begadang ?

Fun fact: Dulu pas gw kuliah, dosen gw liat ada salah satu mahasiswa ketiduran dalam kelasnya. Pas temennya mau bangunin itu bocah, dosen gw bilang gini:

"Udah gak apa-apa. Jangan dibangunkan. Tidur itu adalah nikmat duniawi nomer 2. Kalian tau apa yang nomer 1 ? jawabannya kalo sudah menikah" 
Mahasiswa: "oooh...ituuu... 😂😂😂😂 yayaya"

💪Meminimalisir Stress

Buat yang punya gastritis kaya gw, pinter-pinter jaga stress ya supaya gak cepet kambuh 😊
Stress mikirin ini itu gak cuma bikin kepala pusing nyut-nyutan aja loh. Ternyata bisa beraimbas ke badan dan perasaan kita. Menurut mayoclinic.org, efek yang ditimbulkan akibat stress:
  • Efek terhadap tubuh: Sakit kepala, nyeri dada, ketegangan otot, kelelahan, sakit perut, gangguan tidur dan perubahan dorongan seksual
  • Efek terhadap perasaan: Kegelisahan, kesedihan, depresi, merasa kewalahan, marah, kurang motivasi dan fokus
  • Efek terhadap prilaku: Terlalu banyak makan, kurang nafsu makan, ledakan amarah, penyalahgunaan narkoba, rokok dan alkohol, malas olahraga dan menarik diri dari kehisupan sosial
Sumber: brainfacts.org
Lalu gimana cara meminimalisir stress versi gw ? 
  • Jauh-jauh dari Instagram atau sosial media atau percakapan yang menggiring kita untuk membandingkan hidup dengan orang lain
  • Jangan main sama orang-orang toksik. Bikin pusing!
  • Belajar untuk bilang "no" ketika kita ngerasa gak nyaman sama sesuatu/seseorang
  • Jalin komunikasi terutama suami dan keluarga. They are not cenayang!
  • Kalo lagi marah atau kesel, cepet-cepet cari pengalihan. Bisa tidur atau makan
  • Jangan overthinking. Jalani aja yang sekarang dulu
  • Harus punya sesi curhat sama Allah lewat doa
Barangkali mau baca-baca lebih lanjut soal stress, gw ada artikel ilmiah yang bagus:

💪Minum air putih

Air adalah komponen utama punyusun tubuh manusia (60% dari bobot manusia adalah air). Tubuh masih bisa tahan beberapa hari gak makan. Kalo minum ? Menurut health24.com manusia bisa bertahan 35-40 hari tanpa makanan dengan catatan tidak mengalami dehidrasi namun manusia hanya bisa bertahan sekitar 4 hari (tergantung suhu lingkungan) untuk hidup tanpa air. Kebayang kan air putih tuh penting banget...
Sumber: lifehack.org
Katanya kan minimal kita sehari itu minum 8 gelas (2 Liter) air putih. Tapi ternyata menurut hellosehat.com gak harus 8 gelas kok. Bisa lebih atau kurang...dan yang paling baik adalah minum disaat kita haus! yaiya lah 😅 


Kalo gw sih karena lebih banyak didalem rumah dan gak banyak aktivitas fisik yang nguras energi, gw minium air putih itu: 2 gelas pas makan (3x) dan bangun tidur. Cukup untuk menghidrasi tubuh gw. Pokoknya tiap ada makanan masuk mulut gw, harus ditemenin sama air putih!  Mau makan besar mau ngemil... nah tapi akan susah kalo misal lg makan diluar. Pasti tergoda untuk minum yang warna-warna deh huhu

💪Teratur Makan

Bagian pembahasan soal makanan adalah yang paling susah buat gw. Gw tau goreng-gorengan itu gak baik. Gw tau kebanyakan minuman berwarna itu gak baik. Gw tau banyak ngemil itu gak baik. Tapi gimana dong ? 😩 mereka enak~

Sumber: womansday.com
Idealnya, makanan sehat itu yang minim goreng-goreng (apalagi deep fry, duh!), less salt and sugar dan kaya akan sumber protein juga sayur dan buah. Tapi jujur gw belum bisa. Kayaknya makanan sehat dimulut gw tuh rasanya aneh. Jangankan makanan sehat deh, makanan western aja gw gak begitu suka karena minim banget bumbunya gak kaya makanan asia, terutama Indonesia yang kaya banget rempah-rempahnya~ Nasi padang... Bakso Cuanki...sate... sop Janda... 😖 (nelen ludah)

Kalo kata dosen Biokimia Nutrisi di kampus gw: 
"Kenapa banyak yang suka junk food? Karena lemak itu enak"
😁😁😁😁😁

Untuk memenuhi kebutuhan makanan sehat, selain jadwal makan yang teratur, gw berusaha untuk:
  • Harus ada masak sayur (tumis, rebus, kuah)
  • Mengurangi porsi nasi
  • pake minyak goreng seminimal mungkin
  • Jangan sering jajan diluar


💪Cuci Kaki dan Tangan setelah dari luar rumah

Kebiasaan ini muncul sejak gw nikah karena ternyata si aa jauh lebih suka kebersihan daripada gw hahah Jadi setiap abis keluar rumah pasti yang dituju adalah kamar mandi karena diluar banyak banget kuman yang dengan gampang nempel di tangan. Apalagi kalo kita mampir-mampir ke tempat umum. Kan kita gak tau orang lain itu sehat atau lagi kena sakit apa gitu. Hiiii~

Tau gak banyak loh penyakit-penyakit yang muncul karena kita males cuci tangan pakai sabun. Misalnya Disenteri, Kolera, demam Typoid, Hepatitis A, Salmonellosis, SARS dan Influenza (Sumber: euromd.com). Padahal cuci tangan kan gampang ya, udah diajarin juga dari jaman TK...yang susah itu membiasakannya heheh 
Lebih baik mencegah daripada mengobati kan?
Sumber: safetysign.com
Hidup sehat itu sebenernya gampang dan murah. Cuma yang susah adalah membiasakannya karena biasanya yang 'gak baik' itu  lebih gampang dan lebih enak daripada yang 'baik'. That's life.

💗Salam hangat and have a good day💗
Dari yang baru nulis blog

No comments:

Post a Comment

Hi~ Terima Kasih Sudah Mampir ^^
Silakan tinggalkan komentar supaya saya bisa melakukan kunjungan balik :)
Semoga tulisan saya membawa manfaat untuk yang baca. Aamiin